Vokasi UI sediakan perpustakaan mini dan taman bermain di Depok

Vokasi UI sediakan perpustakaan mini dan taman bermain di Depok

Salah perpustakaan mini vokasi UI di Depok Jawa Barat. (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melaksanakan program Pengabdian Masyarakat dengan menyediakan perpustakaan mini dan taman Bermain Ramah Anak di Kelurahan Tanah Baru Depok Jawa Barat.

Ketua Tim Pengabdi UI Mareta Maulidiyanti di Depok, Sabtu mengatakan pihaknya tidak hanya menyediakan fasilitas bermain yang menarik dan edukatif, namun juga membuat program pemeriksaan kesehatan setiap satu bulan sekali.

"Program ini merupakan bentuk dukungan UI dalam mewujudkan target kota Depok sebagai kota Ramah Anak. Kami ingin mendukung kebiasaan membaca sedari dini serta mengisi aktivitas bermain anak menjadi kegiatan bermanfaat yang mendukung tumbuh kembang anak," ujarnya.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kualitas taman bermain layak anak dengan penyediaan fasilitas bermain yang edukatif, representatif dan mendukung tumbuh kembang anak di Kota Depok, Jawa Barat.

Melalui program ini, para pengabdi masyarakat yang terdiri atas dosen dan mahasiswa dari Vokasi UI mengintegrasikan taman dengan sarana perpustakaan sehingga anak-anak dapat membaca buku dengan nyaman sambil bermain.

Tak hanya itu, di taman ini juga menyediakan pemeriksaan kesehatan secara berkala serta menghadirkan tokoh pendidik yang akan membawakan dongeng interaktif. Taman Aksi UI ini berada di Lapangan Olahraga Beji Permai, RW 013 Tanah Baru, Depok.

Program yang telah berlangsung sejak April 2019 ini menyediakan dua set mainan outdoor, 100 judul buku bacaan di pojok literasi dan kegiatan dongeng sebanyak sekali dalam sebulan.

Diharapkan program Pengabdian Masyarakat yang dijalankan oleh dosen dan mahasiswa Vokasi UI mampu mendukung kesejahteraan masyarakat dan turut menjawab kebutuhan dan permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat setempat.

"Program ini menjadi wujud nyata dukungan UI kepada masyarakat yang sifatnya berkesinambungan dan memberikan dampak positif dalam jangka waktu lama," ujarnya.

Ia mengatakan tingkat partisipasi anak dan orangtua sangat baik, dimana setiap digelar pemeriksaan kesehatan diikuti sekitar 70 anak. Demikian pula aktivitas dongeng dengan mengangkat tema "Siapa yang Boleh Sentuh Aku" diikuti oleh 40 anak beserta orang tuanya.

Permainan Outdoor di Taman Aksi UI dapat diakses mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB setiap harinya sedangkan Pojok Literasi dibuka setiap pukul 16.00 – 18.00 WIB setiap harinya.

Baca juga: Warga Depok jadikan perpustakaan tempat "ngabuburit"

Baca juga: 461 taman baca masyarakat Surabaya terintegrasi digital

 
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019