Meulaboh (ANTARA) - Ribuan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat mengikuti doa bersama untuk mantan ibu negara Ani Yudhoyono yang wafat di Singapura akibat penyakit kanker darah.

Doa bersama itu di pimpin Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Teungku H Abdurrani Adian yang dipusatkan di pendapa bupati setempat di Meulaboh, Minggu malam.

"Kita mendoakan ibu Ani Yudhoyono, karena selama beliau menjadi ibu negara yang sangat setia mendampingi Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS.

Menurutnya, banyak kenangan dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Aceh dan warga negara Republik Indonesia selama almarhumah menjadi ibu negara.

Saat gempa dan gelombang tsunami melanda Aceh pada tahun 2004 silam, Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono langsung meninjau ke lokasi bencana di Aceh, khususnya di Kota Meulaboh, Aceh Barat, untuk memberikan bantuan kepada para korban.

Bahkan, kata dia,  kala itu, Presiden SBY dan ibu negara juga menyempatkan diri bermalam di Meulaboh dan membuka kantor untuk memantau dan memimpin langsung proses evakuasi terhadap korban bencana.

"Maka sudah seharusnya kita berdoa untuk beliau, mengingat jasa beliau sangat bermanfaat bagi kita masyarakat Aceh," kata Ramli MS.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019