Aceh Besar (ANTARA) - Harga daging sapi pada hari "meugang" (hari pemotongan hewan) pertama lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar mencapai Rp150 sampai 160 ribu per kilogram atau naik sekitar Rp30 ribu per kilogram dari hari sebelumnya.

"Harga daging sapi yang dijual pada meugang pertama mengalami kenaikan dibanding hari biasanya, ini dipengaruhi oleh kenaikan harga di tingkat peternak," kata Ihsan salah satu pedagang di Pasar Daging Lambaro, Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaskan kenaikan harga beli di tingkat peternak terutama pada hari meugang menyebabkan harga jual daging ke konsumen ikut mengalami kenaikan di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar.

Hal senada juga disampaikan Darman pedagang daging di Pasar Tradisional, Peunayong, Banda Aceh, Provinsi Aceh. Ia mengatakan pada hari meugang pertama pihaknya menjual rata-rata Rp160 ribu per kilogram

"Jika dibanding dengan hari biasa ada kenaikan harga Rp20 sampai Rp30 ribu per kilogram pada meugang lebaran Idul Fitri 2019," katanya.

Pihaknya belum bisa memastikan apakah harga daging pada meugang kedua akan tetap bertahan pada angka Rp160 per kilogram atau akan mengalami kenaikan harga dibanding sehari sebelumnya.

"Kami belum bisa memprediksikan apa kah akan mengalami kenaikan, karena harganya akan disesuaikan dengan kondisi dan juga tebus di tingkat peternak," katanya.

Baca juga: Harga daging kerbau di Aceh Barat diprediksi Rp170 ribu per kilogram

Baca juga: Nelayan Aceh sepakat tidak melaut saat Lebaran


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019