Berkendara di tengah arus mudik yang cenderung padat dan ramai harus ekstra waspada dan hati-hati agar tidak terkendala saat di perjalanan,
Bekasi (ANTARA) - Hari Lebaran menjadi momen paling dinanti untuk bersilaturahim dan berkumpul dengan keluarga dan teman.

Bagi yang ingin mudik Lebaran menggunakan sepeda motor, beberapa tips menurut Ajun Komisaris Polisi Suryono yang disampaikannya di Bekasi, Senin.

Berikut ini yang perlu diketahui agar perjalanan aman dan selamat sampai tujuan.

Gunakan sepeda motor dengan baik

Berkendara di tengah arus mudik yang cenderung padat dan ramai harus ekstra waspada dan hati-hati agar tidak terkendala saat di perjalanan.
Jangan mengebut dan menyalahi aturan lalu lintas agar keselamatanmu terjamin dan motormu tidak terkena masalah selama berkendara.

Perhatikan kapasitas penumpang

Melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor sendirian saja sering menyebabkan tubuh mudah lelah. Apalagi jika berkendara dengan satu atau dua penumpang.

Kebiasaan itu bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan juga penumpang. Karena itu, sesuaikan jumlah penumpang sesuai kapasitas.

Jangan bawa banyak barang

Mudik Lebaran memang identik dengan membawa banyak barang atau baju baru untuk keluarga. Tapi, jangan sampai kamu mengabaikan keselamatan hanya karena ingin membawa banyak barang bawaan ke kampung halaman.

Kamu bisa memilih terlebih dahulu barang bawaan yang benar-benar kamu perlukan atau yang ingin kamu bagikan untuk keluarga.

Perhatikan kondisi sepeda motor dan pengendara

Kondisi kesehatan pengendara dan sepeda motor juga perlu diperhatikan agar tidak menemui masalah kesehatan atau kerusakan sepeda motor selama berkendara.

Lengkapi surat-surat berkendara

Terakhir, kamu perlu memeriksa dan melengkapi surat-surat berkendara yang perlu dibawa sebelum melakukan perjalanan, agar tidak terkena tilang saat di jalan.

Dari beberapa tips aman berkendara tersebut di atas, tips di poin mana yang belum kamu penuhi? Sudah siap melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan sepeda motor.?

Pewarta: Katriana
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019