Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar informasi melalui media sosial bahwa ada beberapa produk semen yang tercemar limbah B3 infeksius yang berasal dari rumah sakit di seluruh Indonesia yang merupakan limbah medis.

Dalam unggahan itu juga disebutkan limbah dari rumah sakit itu bisa saja mengandung virus dari berbagai penyakit dan dengan penggunaan semen tersebut maka bisa menyebar di gedung-gedung atau rumah tinggal yang menggunakan semen tersebut.

Klaim   :  Beberapa produk semen tercampur limbah rumah sakit sehingga bisa mengandung sejumlah virus dan juga penyakit yang bisa tersebar di gedung atau rumah yang menggunakan produk semen tersebut.
Rating :  Salah/Disinformasi

Penjelasan
Informasi mengenai produk semen yang tercemar limbah rumah sakit sebenarnya pernah beredar pada 2018. Saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 15 April 2018 telah menyampaikan keterangan pers bahwa pengelolaan limbah rumah sakit sudah dilakukan sesuai dengan standar prosedur yang ketat dan andal.

Dalam akun resmi instagram Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga telah disampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Cek fakta : https://www.instagram.com
Cef fakta : http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers


 
Tangkapan layar klarifikasi artikel hoaks Subdit Pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019