Tiket pesawat mahal diduga pemicu penurunan penumpang selama April

Tiket pesawat mahal diduga pemicu penurunan penumpang selama April

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono. (Foto: I.C. Senjaya)

Semarang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah memperkirakan tingginya harga tiket pesawat terbang menjadi penyebab turunnya jumlah penumpang moda transportasi tersebut di berbagai bandara di provinsi ini selama April 2019

Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono di Semarang, Senin, mengatakan bahwa penumpang penerbangan domestik yang datang maupun berangkat dari berbagai bandara di provinsi ini selama April 2019 rata-rata mengalami penurunan sebesar 8 persen dari data penumpang bulan sebelumnya.

BPS mencatat pergerakan kedatangan dan keberangkatan penumpang di empat bandara, masing-masing Bandara Adi Sumarmo Solo, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Tunggul Wulung Cilacap, dan Dewandaru Jepara.

"Memang belum bisa dijelaskan secara pasti. Namun,  dugaannya memang disebabkan mahalnya harga tiket pesawat," katanya.

Selama April tercatat 199.000 penumpang yang berangkat dari berbagai bandara di Jawa Tengah, turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 217.500 orang.

Adapun jumlah penumpang yang turun mencapai 215.028 orang, atau turun dibanding data pada bulan Maret yang mencapai 234.229 orang.

Menurut dia, penurunan jumlah penumpang tersebut berbanding lurus dengan penurunan jumlah penerbangan.

Ia menambahkan kedatangan dan keberangkatan penumpang masih didominasi oleh Bandara Ahmad Yani Semarang yang disusul oleh Bandara Adi Sumarmo Solo.
Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019