H+4 lebaran, 8.000 lebih pemudik kembali via Terminal Kalideres

H+4 lebaran, 8.000 lebih pemudik kembali via Terminal Kalideres

Sejumlah penumpang bus arus balik tiba di Terminal Kalideres, Jakarta, Senin (10/6/2019). (ANTARA/Suwanti)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 8.580 orang penumpang tercatat telah kembali ke Jakarta dari kota-kota di Jawa dan Sumatera menggunakan bus via Terminal Kalideres, pada H+4 lebaran atau Senin malam hingga pukul 19.00 WIB.


 
 

Para menumpang tersebut diangkut dengan armada bus dari berbagai perusahaan otobus (P.O.) dengan jumlah mencapai 327 unit.


 
 

Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah, mengingat sejumlah keberangkatan dari kota asal dan kedatangan di terminal ini juga mengalami keterlambatan akibat macet di titik-titik tertentu jalur Pantura.


 
 

Berdasarkan pantauan Antara, tidak hanya penumpang arus balik, sejumlah penumpang yang baru hendak mudik juga masih memenuhi Terminal Kalideres.


 
 

Data pengelola terminal dengan catatan waktu yang sama menunjukkan bahwa penumpang yang berangkat dengan berbagai tujuan di Jawa dan Sumatera sebanyak 1.116 orang, dengan jumlah armada bus 118 unit.


 
 

Agen tiket P.O. Pahala Kencana di Terminal Kalideres, Yadi, juga membenarkan masih banyaknya penumpang yang mudik hari ini.


 
 

“Peminatnya masih lumayan tetap ramai, sisa Lebaran,” kata dia.


 
 

Terlebih, saat ini harga tiket bus sudah mengalami penurunan bertahap dibandingkan dengan hari-hari arus mudik hingga puncak lebaran.


 
 

Sebelumnya, Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen memprediksi bahwa puncak arus balik di terminal ini akan terjadi pada Senin dini hari.


 
 

Adapun perkiraan jumlah penumpang, menurut Revi, sekitar 8000 orang dengan armada bus sekitar 280 unit.

Pewarta : Suwanti
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019