Biak (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Biak Numfor, Papua menambah satu kapal KN Kumbakarna dari SAR Manokwari, Papua Barat untuk membantu melakukan pencarian sembilan korban perahu motor jhonson yang hilang kontak dalam perjalanan dari Kampung Bawe Pulau Numfor menuju Kampung Amyas Kabupaten Supiori, Selasa.

"Tim Basarnas Biak dibantu kapal KN Kumbakarna SAR Manokwari sudah menyisir perairan Supiori dan Kepulauan Numfor sekitarnya untuk mencari korban perahu motor jhonson yang hilang kontak pada Sabtu lalu," ujar Kepala Basarnas Kelas A Biak Melkianus Kotta dihubungi di Biak, Selasa.

Ia mengakui, pencarian hari ketiga operasi SAR Biak terhadap perahu motor (PMT 25 PK) dengan sembilan penumpang yang lost kontak berangkat dari Numfor Timur (kamp.Bawe) tujuan Kampung Amyas Kabupaten Supiori belum menemukan korban.

Melkianus mengatakan, pada operasi hari ketiga pencarian korban perahu moor jhonson di perairan Supiori dan kepulauan Numfor melibatkan unsur yang terkait diantarnya satu regu Kantor SAR Biak, satu regu unit SAR Supiori, anggota TNI Angkatan Laut, Satuan Polair Polres Supiori.

"Operasi SAR hari ketiga untuk pencarian korban perahu motor jhonson juga melibatkan anggota Rapi serta keluarga korban," ujar Melkianus Kotta.

Sedangkan alat utama yang digunakan pada operasi pencarian korban perahu motor jhonson, menurut Melkianus Kotta, diantaranya KN SAR Wibisana, rescue Boat, perahu masyarakat serta kapal perbantuan SAR Manokwari KN Kumbakarna.

Berdasarkan data perahu motor Jhonson satu keluarga dengan sembilan penumpang berangkat dari Kampung Bawe pulau Numfor pada Sabtu pagi dengan tujuan Kampung Amyas Kabupaten Supiori hilang kontak saat perjalanan di perairan laut Supiori-kepulauan Numfor.

Baca juga: Perahu terbalik di perairan Waropen, 19 penumpang hilang

Baca juga: Kapal terbakar, 3 penumpang hilang

Pewarta: Muhsidin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019