Kupang (ANTARA) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere, Flores, I Putu Sudayana mengatakan tim SAR telah menemukan tiga korban tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 di perairan Tanjung Margeta, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (15/6).

I Putu Sudayana yang dihubungi Antara pada Senin mengatakan tiga korban ditemukan dalam pencarian dilakukan tim SAR gabungan Basarnas Maumere, Basarnas Kupang, Kepolisian, TNI, BPBD serta potensi SAR setempat dan masyarakat yang ikut melakukan pencarian hari ketiga operasi pencarian korban kapal Nusa Kenari 02.

Menurut Putu Sudayana yang memimpin langsung operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban musibah KM Nusa Kenari 02 bahwa ketiga korban meninggal ditemukan di kawasan perairan Margeta.

Ia mengatakan setelah ditemukan tiga korban maka enam penumpang KM Nusa Kenari 02 yang ditemukan meninggal sedangkan satu korban masih dalam pencarian tim SAR.

"Masih ada satu penumpang yang hilang dan belum ditemukan. Kami akan terus melakukan operasi pencarian terhadap penumpang yang belum ditemukan itu," kata I Putu Sudayana yang saat ini sedang berada di Kalabahi, Kabupaten Alor untuk memimpin langsung operasi pencarian korban KM Nusa Kenari 02 milik Pemerintah Kabupaten Alor itu.

Untuk diketahui KM Nusa Kenari 02 yang berbobot 23 GT bertolak dari Pelabuhan Kalabahi, Sabtu (15/6) pukul 01.30 Wita tujuan Desa Mademang Kecamatan Purnamam, Kabupaten Alor.

Kapal Nusa Kenari 02 yang mengangkut 48 orang penumpang dan empat ABK dengan muatan semen dan beras serta BBM itu dihantam gelombang dan tenggelam di perairan laut Tanjung Margeta pada Sabtu, (15/6) sekitar pukul 05.00 WITA.

Dalam peristiwa itu sebanyak 41 dari 48 orang penumpang berhasil diselamatkan tim SAR yang melakukan upaya pertolongan beberapa saat setelah peristiwa berlangsung, sedangkan dua penumpang ditemukan tim SAR dalam kondisi meninggal serta lima penumpang dilaporkan hilang dan saat ini telah ditemukan empat orang dan satu penumpang lainnya belum ditemukan. 

Baca juga: Empat penumpang KM Nusa Kenari belum ditemukan
Baca juga: Satu korban kapal tengelam di Alor ditemukan meninggal
Baca juga: KM Nusa Kenari berlayar tanpa izin syahbandara Alor, ABK diamankan

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019