Hari jadi Kota Bogor
Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat akan mengerahkan ribuan pelaku seni dan budaya pada kegiatan 'Helaran Seni Budaya', dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-537 di jalan Jendral Sudirman Kota Bogor, Minggu (30/6/2019) pagi.

"Ada sekitar 1.000 orang peserta dari 48 grup yang berasal dari instansi, sanggar dan komunitas termasuk dari kota dan kabupaten di Jawa Barat ikut berpartisipasi," ujar Ketua Panitia HJB Ke-537, Achsin Prasetyo kepada ANTARA di Bogor, Sabtu (29/6/2019) malam.

Rencananya, akan tampil tari Rampak Kendang Wanoja sebagai pembuka acara, kemudian iring-iringan pawai yang diawali dengan penampilan Drum Band. Selanjutnya, disusul dengan penampilan Purna Paskibraka Indonesia (PPI), komunitas runners, iring-iringan pencak silat, sanggar Citra Budaya dan pasukan Baraya Kujang Pajajaran.

Selain itu, ada pula iring-iringan jampana dan pesta rakyat perwakilan dari enam kecamatan Kota Bogor. Iring-iringan itu melibatkan masyarakat perwakilan dari setiap kelurahan, juga diikuti iring-iringan dari komunitas dan sanggar.

"Untuk tahun ini tidak diperkenankan menggunakan mobil hias. Akan tetapi masih ada iring-iringan kuda dan delman serta tari-tarian dari berbagai sanggar," beber Achsin.

Selain dimeriahkan para pelaku seni dan budaya, kegiatan itu juga akan dibuat heboh dengan aksi Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor yang masing-masing menunggangi kuda. Selain Muspida, beberapa tamu lainnya yang akan hadir seperti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan lain-lain.

"Panggung utama di depan Museum Peta jalan Jendral Sudian. Mengenai rekayasa lalu lintas, sepanjang jalan Juanda tetap dibuka, dan Car Free Day (CFD) tetap berlaku di jalan Jendral Sudirman," tuturnya.(KR-MFS).

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Wawan Indrawan
Copyright © ANTARA 2019