Iluni UI segera selenggarakan pemilihan ketua periode 2019-2022

Iluni UI segera selenggarakan pemilihan ketua periode 2019-2022

Ketua Umum Iluni UI periode kepengurusan 2016-2019 Arief Budhy Hardono (kiri) menerima bendera Iluni UI dari Sigid Edi, disaksikan Chandra Motik Ketua Iluni UI sebelumnya (Foto dokumentasi Iluni UI)

Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) segera menyelenggarakan pemilihan ketua untuk periode 2019-2022 menggunakan layanan aplikasi UI Connect yang baru saja diluncurkan.

"Ada yang sedikit berbeda berdasarkan surat keputusan 004/ILUNI-UI-Munas/SC/VI/19, ditetapkan penggunaan UI Connect sebagai aplikasi untuk melakukan e-voting," kata Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI 2019-2022, Tomy Suryatama, kepada media di Jakarta, Jumat.

UI Connect merupakan aplikasi yang dicetuskan salah seorang Badan Pengurus Harian (BPH) ILUN UI, Ivan Ahda, dan menjadi salah satu program unggulan dari ILUNI UI kepengurusan Arief Budhy Hardono.

Baca juga: Ikatan Alumni UI kembangkan aplikasi UI Connect

Baca juga: Civitas akademika diingatkan bersinergi lebih kuat

Baca juga: Menristekdikti minta alumni dukung UI tembus ranking 200 dunia


UI Connect mencerminkan jargon “Rumah Kita” dari ILUNI UI kepemimpinan Arief Budhy Hardono karena berhasil menjadi wadah berjejaring sosial yang mempertemukan antara seluruh alumni Universitas Indonesia yang mendaftar dan telah diverifikasi.

"Kalau sebelumnya ILUNI UI menggunakan sistem terpisah untuk e-voting, kali ini kami memutuskan untuk menggunakan UI Connect yang merupakan platform jejaring sosial yang berkonsep identitas tunggal alumni UI," paparnya.

Selain memperkenalkan aplikasi buatan ILUNI UI untuk alumni UI, dengan menggunakan UI Connect akan memberi kemudahan bagi mereka untuk bisa memilih melalui smartphone. Tiga tahun sebelumnya, sekitar 13.000 pemilih menggunakan hak suara mereka dalam Pemilihan Ketua Umum ILUNI UI.

“Untuk tahun ini sendiri, ILUNI UI mempunyai sekitar 80.000 database. Kami berharap, keikutsertaan alumni UI di tahun ini akan jauh lebih meningkat dan kita harapkan menjadi pemilihan langsung elektronik terbesar di Indonesia, mengingat kami sudah berusaha memfasilitasi pemilih dengan e-vote dari UI Connect yang mudah digunakan,” kata Prof. dr. Budi Sampurna, DFM., S.H., Sp.F(K), SpKP. selaku Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI 2019-2022.

Merujuk pada Anggaran Rumah Tangga (ART) Iluni UI dan Surat Keputusan Munas No. 005/ILUNI-UIMUNAS/SC/VI/19 tanggal 27 Mei 2019, akan ada serangkaian alur dan tahapan pendaftaran bakal calon ketua umum Iluni UI.

Seluruh tahap pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI UI 2019-2022 akan berlangung pada 24 Juni – 12 Juli 2019. Proses pendaftaran bakal calon ketua umum Iluni UI 2019-2022 ditutup tanggal 12 Juli 2019 pada pukul 20.00 WIB (sesuai jam di Sekretariat ILUNI UI, Salemba).

Calon Ketua Umum Iluni UI 2019-2022 akan ditetapkan dan diumumkan pada 15 Juli 2019 setelah proses verifikasi selesai dilakukan, dan pada 24-25 Agustus Pemira pun akan dilangsungkan di Salemba, Jakarta Pusat.

Tiga tahun telah berlalu semenjak Arief Budhy Hardono dilantik pada Juli 2016. Bersama dengan segenap jajaran pengurus ILUNI UI “Rumah Kita”, Arief Budhy Hardono telah berhasil melaksanakan berbagai program.

 
Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019