Sidoarjo (ANTARA) - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, telah menyiagakan sebanyak 65 orang petugas Aviation Security (Avsec) yang akan ditempatkan di Asrama Haji Sukolilo sebagai upaya mempermudah kelancaran proses pemberangkatan jamaah calon haji.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo di Sidoarjo, Jumat mengatakan, petugas tersebut akan bekerja sesuai dengan jadwal keberangkatan haji.

"Mereka akan bekerja sesuai dengan jadwal keberangkatan calon haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya," katanya saat dikonfirmasi.

Ia mengemukakan, pihaknya sengaja memberikan pelayanan "screening" kepada calon haji demi terciptanya kelancaran penerbangan haji pada tahun ini.

"Petugas yang disiagakan di Asrama Haji Sukolilo tersebut akan melakukan pemeriksaan keamanan seperti Xray bagasi, Xray kabin, dan walthrough metal detector," katanya.

Baca juga: Masih ada puluhan calon haji Bojonegoro-Jatim belum membuat paspor

Ia menjelaskan, semua peralatan dan juga petugas tersebut disiapkan di Asrama Haji sebagai upaya memudahkan petugas selama menjalankan tugasnya.

"Dengan model pemeriksaan seperti ini, diharapkan jamaah yang memasuki bandara untuk menuju pesawat sudah dalam posisi steril dan siap on board," ujarnya.

Dalam rangka mendukung lancarnya pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 ini, kata dia, pihak bandara Internasional Juanda Surabaya juga menyediakan toilet portable dan musholla sementara," katanya.

Baca juga: Gelang "barcode" identitas haji dikerjakan sehari

Fasilitas tersebut ditempat di sisi utara di area bus tunggu jamaah menuju ke pesawat, di dalam lingkungan bandara.

"Hal ini kami lakukan untuk antisipasi manakala ada jamaah yang hendak beribadah atau ke toilet saat menunggu bus yang akan menuju ke pesawat," ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan jadwal untuk penerbangan jamaah pertama dijadwalkan pada Hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 pukul 03.15 WIB.

Baca juga: PPIH Surabaya temukan dua calon haji sedang hamil

"Jamaah itu akan naik pesawat Saudi Arabian Airlines bernomor penerbangan SV 5003 sejumlah 450 jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Magetan," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019