Makassar (ANTARA) - Sebanyak 450 calon haji (JCH) asal Provinsi Maluku Utara mulai masuk asrama haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum pemberangkatan esok harinya.

"Untuk kelompok terbang (kloter) 07 asal Maluku Utara sudah masuk semalam. Mereka masih harus melalui satu tahapan lagi sebelum diberangkatkan keesokan harinya," ujar Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Hasanuddin Darmawan Handoko di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan JCH asal Maluku Utara saat masuk pemondokan semuanya lengkap sesuai dengan kuota untuk tahap awalnya ini.

Baca juga: Petani-nelayan capai 32 persen calon haji Bangka Barat

Berdasarkan jadwal yang diterima dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, pemberangkatan rombongan kloter 07 ini baru akan dilakukan Kamis (10/7) pukul 23.05 WITA.

"Semua calon haji dikarantina dulu selama 24 jam di asrama kemudian diperiksakan kesehatannya di poliklinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar yang ada di asrama haji Sudiang," katanya.

Baca juga: Ini layanan yang akan diterima jamaah Indonesia di Mekkah

Sebanyak 450 calon haji Maluku Utara sebelum tiba di Asrama Haji Sudiang diberangkatkan dari provinsinya dengan tiga penerbangan.

Untuk kloter 07 ini juga terbagi dari Kota Tidore Kepulauan dan Halmahera Timur (Hatim) yang diterbangkan lebih awal. Penerbangan kedua dengan menggunakan penerbangan reguler berasal dari Kepulauan Sula sebanyak 17 orang dan TPHD/TKHD 3 orang. Penerbangan ketiga berasal dari Halmahera Barat, Halmahera Timur dan Kepulauan Sula.

Baca juga: 1.232 calon haji asal Malang diberangkatkan

JCH Maluku Utara yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar ini sebanyak 1.316 orang yang terbagi dalam tiga kloter yakni kloter 07, kloter 08 dan kloter 09.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019