Kamar-kamar di Asrama Haji sudah bersih dan tong-tong air juga sudah dikuras. Tinggal menunggu pengasapan atau fogging dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang dijadwalkan pada hari Senin depan,
Gorontalo (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Gorontalo menggelar rapat untuk memastikan seluruh persiapan pelaksanaan pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) dari daerah itu.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Mahmud Bobihu di Gorontalo, Kamis, mengatakan persiapan fasilitas Asrama Haji untuk menampung JCH sebelum berangkat sudah mencapai 95 persen.

Sementara untuk fasilitas di Bandara Djalaluddin Gorontalo dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar serta kesiapan maskapai penerbangan sudah rampung 100 persen.

“Kamar-kamar di Asrama Haji sudah bersih dan tong-tong air juga sudah dikuras. Tinggal menunggu pengasapan atau fogging dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang dijadwalkan pada hari Senin depan,” jelasnya.

Baca juga: Kemenag alokasikan dana pengembangan Asrama Haji

Untuk memberikan waktu istirahat yang lebih lama kepada JCH, tahun ini pihaknya tidak lagi menggelar seremoni penerimaah jamaah di asrama haji seperti sebelumnya.

"Begitu pula untuk mempercepat proses pemberangkatan, PPIH Gorontalo juga akan meniadakan acara seremonial seperti pembagian living cost pada saat pemberangkatan," tambahnya.

Sementara itu Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaporkan bahwa seluruh jemaah haji Provinsi Gorontalo telah melakukan vaksinasi.

Sedangkan untuk dokumen, pihak Keimigrasian juga sudah merampungkan seluruh paspor jemaah haji.

Baca juga: Kuota haji Gorontalo bertambah 197 orang

“Alhamdulillah dari paparan seluruh masing-masing pihak, persiapan pemberangkatan jemaah haji sudah 98 persen. Kami akan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah sejak pemberangkatan hingga pemulangan nanti,” kata Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim.

JCH Provinsi Gorontalo untuk musim haji 1440 Hijriah/2019 Masehi berjumlah 1.181 orang ditambah 13 petugas kelompok terbang (kloter).

JCH dibagi dalam tiga kloter, yaitu kloter 27 jemaah haji asal Kota Gorontalo, kloter 29 asal Kabupaten Gorontalo, Pohuwato, dan Bone Bolango, serta kloter 34 jemaah haji asal Kota Gorontalo, Bone Bolango, Boalemo, dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Baca juga: JCH Gorontalo dibagi tiga kloter

 

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019