Disdukcapil Gunungsitoli "jemput bola" pengurusan dokumen kependudukan

Disdukcapil Gunungsitoli

Petugas Disdukcapail Gunungsitoli sedang menempelkan stiker di rumah penduduk yang telah selesai pengurusan administrasi kependudukan (Antara Sumut/Irwanto)

Gunungsitoli (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, terus gencar melakukan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan, termasuk "jemput bola" atau datang langsung ke rumah warga.

"Pelayanan langsung pengurusan dokumen kependudukan kepada warga kita lakukan hingga ke pelosok desa yang ada di Kota Gunungsitoli. Istilahnya kita jemput bola," Kata Kepala Disdukcapil Kota Gunungsitoli Bernadine Telaumbanua, Selasa.

Menurut dia, saat ini Disdukcapil Kota Gunungsitoli sedang melakukan teknik jemput bola untuk penertiban dokumen kependudukan dengan menyisir rumah warga yang belum memiliki dokumen kependudukan.

"Pelayanan hari ini kita awali di Desa Tarakhaini dan Desa Orahili Tanese'o, Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa," jelasnya.
Disdukcapil Kota Gunungsitoli akan terus melanjutkan pelayanan langsung ke desa desa lain yang ada di seluruh Kota Gunungsitoli.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program berkantor di kecamatan dan desa oleh Disdukcapil, dan telah dilaksanakan sejak Agustus 2018 dan dilaksanakan secara berkesinambungan," terangnya.

Dia juga mengatakan rumah warga yang dokumen kependudukannya telah lengkap ditempel dengan stiker sebagai tanda telah lengkap dokumen kependudukan.

Sedangkan bagi warga yang pengurusan dokumen kependudukannya mengalami kendala, petugas Disdukcapil yang ada di lapangan akan mencari solusi supaya dokumen kependudukan warga tersebut lengkap.

"Program ini akan terus kita lanjutkan hingga seluruh dokumen kependudukan warga yang ada di Kota Gunungsitoli lengkap," ucapnya.

Tidak lupa dia memastikan, pelayanan langsung di lapangan tidak mengganggu pelayanan di kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli.

"Walau petugas Disdukcapil melakukan pelayanan langsung di lapangan, pelayanan di kantor Disdukcapil tetap berjalan seperti biasa," ujarnya.

Warga Kota Gunungsitoli diharapkan untuk mendukung dan menyukseskan program berbasis masyarakat yang sedang dilaksanakan Disdukcapil Kota Gunungsitoli demi mewujudkan Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing.

Baca juga: Disdukcapil Indramayu jemput bola layani administrasi kependudukan
Baca juga: Dirjen Dukcapil minta jemput bola perekaman KTP-E tak "pandang bulu"
Baca juga: Imigrasi Palembang lakukan pelayanan paspor "jemput bola"

 
Pewarta : Juraidi dan Irwanto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019