Mukomuko, Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2013 menambah dua mobil pemadam kebakaran untuk dua kecamatan di daerah itu yang belum memiliki  kendaraan tersebut.

"Dua mobil pemadam kebakaran yang baru itu untuk Kecamatan Lubukpinang dan Kecamatan Selaganraya," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Iskandar, di Mukomuko, Kamis.

Dengan adanya penambahan dua mobil pemadam kebakaran tahun ini, kata dia, sehingga jumlah mobil pemadam kebakaran yang beroperasi di daerah itu menjadi enam unit, dengan wilayah tugas dua pemadam kebakaran di Kecamatan Kota Mukomuko, satu di Kecamatan Ipuh, satu Kecamatan Penarik, satu Kecamatan Lubuk Pinang, dan satu pemadam kebakaran di Kecamatan Selaganraya.

Selanjutnya, kata dia, kecamatan yang belum ada pemadam kebakaran dapat menggunakan pemadam kebakaran di kecamatan terdekat dengan wilayahnya.

Sedangkan tenaga personel pemadam bahaya kebakaran (PBK) yang mengoperasikan dua mobil pemadam kebakaran baru tersebut, kata dia, untuk di Kecamatan Lubukpinang dibantu tenaga dari Kecamatan Kota Mukomuko yang jumlahnya sekarang itu sebanyak 40 orang.

"Kita gunakan personel PBK di Kecamatan Kota Mukomuko ini sebanyak 10 orang yang ditugaskan di Kecamatan Lubukpinang, sedangkan di Kecamatan Selaganraya akan diterima personel baru," katanya.

Terkait honor untuk tambahan sebanyak 10 personel PBK di Kecamatan Selaganraya, lanjutnya, diupayakan di APBD perubahan karena dalam daftar penggunaan anggaran (DPA) instansi itu tahun 2013 tidak ada lagi anggaran penambahan personel baru PBK.

Lebih lanjut, ia menyatakan, bahwa mobil pemadam kebakaran untuk daerah itu masih sangat kurang karena luasnya wilayah di daerah itu, namun penanganan sementara bahaya kebakaran di wilayah yang belum ada mobil pemadam kebakaran dibantu wilayah yang sudah ada kendaraan itu.

"Kalau jarak satu kecamatan dengan kecamatan lain masih cukup jauh, tetapi untuk sementara wilayah yang sudah ada membantu wilayah yang belum ada mobil pemadam kebakaran," katanya menjelaskan. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013