London, (Antara/AFP) - Steven Gerrard mengatakan dirinya gembira dapat bermain bersama Jack Wilshere, di saat Inggris mempersiapkan diri untuk meneruskan perjuangan mereka di kualifikasi Piala Dunia dengan memainkan pertandingan persahabatan melawan Brazil pada Rabu.
        
Kedua pemain ini hanya pernah bermain bersama selama 13 menit di bawah asuhan pelatih Roy Hodgson, hal ini terutama disebabkan cedera panjang yang membuat Wilshere absen selama 17 bulan.
   
Bagaimanapun, Wilshere sekarang sudah kembali bugar dan telah bersinar bersama Arsenal, dengan Gerrard yang baru dinobatkan sebagai pemain terbaik Inggris 2012 pada Minggu, mereka dapat diberi kesempatan untuk mencapai kesepahaman saat melawan Brazil.
        
Wilshere baru berusia delapan tahun ketika Gerrard melakukan debut timnasnya, pada 2000, dan telah bertekad untuk memiliki karier internasional di mana kelak pada suatu hari ia dapat melampaui catatan 100 penampilan timnas yang ditorehkan gelandang Liverpool itu.
        
"Ia merupakan (pemain) bertalenta hebat, dari bermain melawan dia, apa yang saya lihat pada latihan, dan bermain bersama dia, dia tidak ada duanya," kata Gerrard.
        
"Dia bermain lebih baik dibandingkan rata-rata gelandang Liga Utama Inggris Anda."
   
Meski demikian, Gerrard mengingatkan bahwa lebih baik untuk jangan terlalu berharap banyak kepada pemain 21 tahun ini.
        
"Saya pikir penting bagi kita untuk tidak memberikan banyak tekanan dan harapan kepada dia," tuturnya.
"Seseorang tidak dapat diharapkan memikul seluruh negeri sendirian. Ia membutuhkan bantuan dari yang lain."
   
"Satu-satunya saran saya adalah agar dia tetap menginjakkan kaki di tanah dan menikmatinya."
   
Wilshere melakukan debutnya, pada usia 18 tahun, sebagai pengganti Gerrard pada menit ke-82 saat Inggris menang 2-1 atas Hungaria pada pertandingan persahabatan yang dilangsungkan pada Agustus 2010.
        
Sejak itu kolaborasi mereka di level internasional telah menjadi sesuatu yang langka, dan Hodgson mengakui dia ingin melihat Wilshere lebih sering mengenakan seragam timnas Inggris.
        
"Saya gelisah untuk menurunkan harapan-harapan, namun anda tidak dapat menyangkal bahwa ia adalah talenta dengan pengecualian," ucapnya.
        
"Ini mungkin naif, namun dengan level sang pemain, tergantung kepada pemain-pemain lain untuk mendapat keuntungan dari pekerjaan yang dilakukan pemain-pemain ini dan kualitas operan yang mereka berikan."
   
Gelandang tengah adalah sektor yang membuat Hodgson memiliki banyak pilihan, dan untuk semangatnya menduetkan Gerrard dengan Wilshere, dia paham bahwa ia memiliki kedalaman kekuatan di sektor lapangan tengah.
        
"Saya senang melihat mereka, namun jangan lupakan Frank Lampard dan Michael Carrick," kata mantan pelatih Liverpool ini.
        
"Tom Cleverly juga merupakan pesepak bola dengan pengecualian. Kami dapat mengangkat kepala dan bersaing dengan yang terbaik di area lapangan itu."
   
"Kami hanya harus menjaga kebugaran mereka untuk kualifikasi (Piala Dunia) dan jika kami dapat melakukannya, saya tahu bahwa saya akan mengalami sakit kepala."
   
Gerrard mengatakan dirinya menyambut gembira persaingan untuk memperebutkan posisi di lapangan tengah, namun sang kapten memberi peringatan kepada siapa pun yang ingin merebut tempatnya di tim inti.
        
"Bukan hanya Jack Wilshere yang menginginkan kaus saya," kata pemain 32 tahun ini.
        
"Saya yakin Carrick dan (Scott) Parker, dan semua pemain di tim U-21, menginginkan kaus ini, dan saya siap bertarung dengan siapapun yang menginginkannya."
   Hodgson juga
memiliki nasehat untuk rekan setim Wilshere Theo Walcott, yang berulang kali menyuarakan keinginannya untuk bermain sebagai penyerang tengah pada musim ini.
        
"Saya telah berbicara kepada Theo namun saya pikir penting bagi dia untuk menyadari bahwa pada hari ini Anda dapat menjadi penyerang di beberapa posisi," kata pelatih Inggris.
        
"Ia perlu untuk memastikan bahwa di manapun saya meminta dia bermain untuk Arsenal atau Inggris - dan ia tidak akan diminta untuk bermain sebagai bek kanan atau penjaga gawang - ia dapat memperlihatkan bahwa dirinya dapat melewati para pemain (lawan) dan memiliki mata yang mengincar gawang."
   
"Saya tahu ia tidak jauh kualitasnya perihal apakah ia bermain di kanan, kiri, atau di tengah (sesuai saran media). Ia hanya ingin untuk menjadi penyerang yang diperhitungkan Arsenal dan Inggris." (antara)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013