Hasil uji swab tahap ketiga dari pasien 01 di Provinsi Jambi yang saat ini dirawat di RS Raden Mattaher Kota Jambi hasilnya negatif, demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 daerah itu Johansyah.

"Hasil uji swab ketiga pasien 01 yang dalam dua kali uji swab positif COVID-19, hasil uji ketiga hasilnya sudah negatif. Namun kami masih akan mengambil uji swab berikutnya untuk memastikannya benar-benar negatif dan pulih," kata Johansyah di Jambi, Jumat.

Pasien 01 merupakan pasien terlama yang menjalani perawatan di RSUD Raden Mattaher Kota Jambi. Yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan menghadiri acara di Jakarta dan Bogor pada Maret 2020.

Dia mengatakan, pada Jumat (17/4) ada lima uji swab sudah keluar hasilnya, di antaranya dua anak di Kabupaten Merangin yang sebelumnya dinyatakan positif melalui rapid test dan istri pasien 02 di Kabupaten Kerinci.

"Istri pasien 02 dan dua orang anak usia delapan tahun serta 11 tahun juga hasil swab pertama sudah keluar dan hasilnya negatif, namun tim juga akan mengambil uji swab berikutnya," katanya.

"Demikian juga perawat yang merawat pasien 03 di Kabupaten Bungo hasil uji swab pertama dan keduanya juga negatif," kata Johansyah.

Sementara Dinas Kesehatan Kota Jambi, kata Johansyah, sudah melakukan rapid test terhadap enam orang yang berhubungan erat dengan pasien 06 asal Kota Jambi.

"Dari jumlah itu, empat orang di antaranya dinyatakan positif dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Abdul Manap Kota Jambi dan hari ini akan diambil uji swabnya," kata Johansyah menjelaskan.

Ia kembali mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah, menjaga kesehatan dengan selalu cuci tangan dan wajib menggunakan masker jika harus ke luar rumah.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020