Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menjamin ketersediaan kebutuhan pokok warga selama masa penyebaran virus Corona baru atau COVID-19 di wilayah itu.

"Masyarakat dalam tiga kabupaten tidak perlu khawatir karena Bulog Rejang Lebong sudah menyiapkan stok beras, gula, terigu dan minyak goreng hingga beberapa bulan kedepan," ujar Kepala Cabang Perum Bulog Rejang Lebong, Muhammad Ade Saputra saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Stok bahan kebutuhan pokok yang ada di gudang Bulog Rejang Lebong tersebut kata dia, selain untuk memenuhi kebutuhan program bantuan sembako oleh masing-masing pemerintah daerah juga untuk program stabilitas harga, jika terjadi lonjakan harga bahan pokok maka pihaknya akan melakukan operasi pasar.

Adapun stok yang di miliki Bulog Rejang Lebong untuk beras mencapai 1.200 ton, stok ini diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tiga kabupaten hingga empat bulan kedepan.

Jika stok ini berkurang pihaknya akan langsung melakukan penambahan baik ke pusat, maupun meminta tambahan dengan Bulog Provinsi Bengkulu serta membeli langsung ke petani.

Selanjutnya, minyak goreng kemasan dengan jumlah stok sebanyak 55 ton, kemudian tepung terigu sebanyak 48 ton di mana yang sudah mereka terima sebanyak 10 ton. Selanjutnya gula pasir saat ini yang sudah masuk sebanyak 90 ton, serta daging beku dengan stok tersisa 1 ton saja dan tidak bisa ditambah karena diimpor dari India yang saat ini negaranya sedang memberlakukan lockdown.

Bahan kebutuhan pokok ini mereka jual secara langsung kepada masyarakat maupun melalui operasi pasar sesuai dengan harga distributor yaitu untuk beras medium seharga Rp8.600 per kilogram dan beras premium kemasan ukuran lima kilogram seharga Rp53.000.

Kemudian daging beku Rp80.000 per kilogram, tepung terigu Rp8.500 per kilogram dan minyak goreng Rp12.000 per kemasan satu liter, dan gula pasir Rp12.500 per kilogram.

Untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan sembako murah pihaknya setiap hari membuka outlet di halaman Kancab Perum Bulog Rejang Lebong di Jalan S Sukowati Curup serta di gudang Bulog Rejang Lebong yang berada di Desa Durian Depun, Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020