Bengkulu (Antara Bengkulu) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyatakan siap menjadi penyelenggara Hari Pers Nasional 2014 dan mendapat dukungan dari banyak daerah, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Bengkulu Eko Agusrianto.

"Kami masih berjuang agar Bengkulu terpilih menjadi penyelenggara Hari Pers Nasional 2014 karena dukungan dari sejumlah daerah sudah kami terima," katanya saat dihubungi dari Bengkulu.

Eko yang masih berada di Manado, Sulawesi Utara, mengikuti puncak peringatan HPN 2013 bersama Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan pemerintah daerah bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bengkulu terus mengupayakan agar terpilih sebagai tuan rumah pada 2014.

Menurut dia, secara de3 jure Provinsi Bengkulu akan menjadi penyelenggara HPN 2014. Namun, secara de facto (hukum) akan diputuskan dalam waktu kurang dari 2 bulan oleh pengurus PWI Pusat dan PWI cabang.

"Sudah 90 persen disekapati Bengkulu menjadi tuan rumah HPN 2014. Tinggal menunggu surat ketetapan PWI pusat," katanya.

Ia mengatakan, dalam pandangan umum pengurus PWI cabang setiap daerah, secara umum memberikan dukungan kepada Provinsi Bengkulu untuk menjadi tuan rumah HPN 2014.

Namun, karena ada daerah lain yang juga menginginkan untuk menjadi tuan rumah seperti Kalimantan Timur, penunjukan tuan rumah HPN 2014 akan dibahas lagi.

"Kurang dari dua bulan sudah ada keputusan. Meski ada pesaing, tapi dukungan sebagian besar daerah-daerah ke Bengkulu," ujarnya.

Menurut Eko, untuk menjadi tuan rumah HPN tersebut, PWI pusat akan melakukan survei terhadap kesiapan sarana dan prasarana di Bengkulu.

Tim dari PWI pusat akan melakukan evaluasi tentang fasilitas hotel dan trasportasi yang tersedia. "Hotel kita mencukupi, jadi tidak ada masalah. Sedangkan penerbangan akan ada maskapai garuda ke Bengkulu pada akhir tahun," katanya.

Sementara itu Ketua PWI Cabang Bengkulu Sukatno mengatakan Provinsi Bengkulu berpeluang besar atau hampir pasti menjadi tuan rumah HPN 2014.

"Saya tidak bisa menyebutkan daerah mana saja yang sudah menyatakan dukungannya, tetapi dapat dikatakan sebagian besar sudah mendukung," katanya.

Sukatno yang juga General Manajer Harian Bengkulu Ekspress itu mengatakan guna mempersiapkan Bengkulu menjadi tuan rumah HPN tahun 2014, provinsi setempat telah mengirimkan peserta dan peninjai mencapai 20 orang pada peringatan HPN 2013 di Manado, Sulawesi Utara.

Ke-20 orang itu selain dari pengurus Cabang PWI setempat juga ada beberapa orang dari jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu yang hadir, guna menimba pengalaman untuk lebih mematangkan persiapan dan pelaksanaan ajang kegiatan tahunan pers secara nasional itu.

Sebelumnya, Sukatno sendiri telah menyapaikan permohonan dukungan dan restunya dari Pengurus PWI Pusat dan para pengurus PWI Cabang di Indonesia pada acara Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) III PWI yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara 7 Februari 2013 yang lalu, juga masih dalam rangkaian kegiatan HPN.

Ia mengatakan perlunya dukungan itu karena sampai sejauh ini segala sesuatu persiapannnya telah dilakukan dengan cukup baik, antara lain telah diujicoba dengan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Kakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI beberapa waktu yang baru lalu.

Daerah tetangga yang telah menyatakan dukungannnya kepada Bengkulu menjadi tuan rumah HPN antara lain adalah Jambi, Lampung, dan lainnya.

Namun, pada Konkernas PWI 2013 disepakati keputusan daerah mana yang dipastikan menjadi tuan rumah HPN tahun 2014 nanti dibahas dalam rapat pleno pengurus pusat PWI, yang juga melibatkan pengurus PWI Cabang. (ANT)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013