Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menggulirkan program ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi usai menyerahkan paket bantuan benih aneka sayuran kepada perwakilan kepala desa dan lurah bertempat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Rejang Lebong, Selasa, mengatakan program tersebut untuk memastikan ketersediaan pangan di daerah itu dengan menyasar 18.000 kepala keluarga (KK).

"Ada total 18.000 paket bantuan untuk pemanfaatan pekarangan yang kita siapkan untuk masyarakat Rejang Lebong, program ini diharapkan dapat meringankan dampak COVID-19 yang dirasakan masyarakat," ujar dia.

Paket bantuan yang diberikan ini, kata dia, benih berbagai benih jenis sayuran seperti tomat, cabai, kangkung, bayam, sawi dan timun, kemudian plastik polybag serta pupuk dan insektisida.

Jika program ini berjalan dengan baik dirinya yakin akan bisa membantu masyarakat Rejang Lebong yang tersebar dalam 15 kecamatan pada kondisi darurat pandemi COVID-19 saat ini, karena aneka tanaman sayuran ini dalam waktu 50 hari sudah bisa menghasilkan.

Dia berharap masyarakat yang akan menerima bantuan ini bisa memanfaatkan dengan baik sehingga bisa berjalan sesuai dengan harapan, yang pada pelaksanaannya akan diawasi oleh petugas penyuluh lapangan agar aneka bibit-bibit yang dibagikan bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat Rejang Lebong untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga bisa meminimalkan  penyebaran COVID-19 yang saat ini masih berstatus zona hijau.

Ia juga meminta warga rajin mencuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, rajin olahraga dan makan makanan bergizi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020