Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu memberikan bantuan terhadap 11 warga Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya yang rumahnya mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung pada Minggu (10/5) lalu.

Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi usai mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada 11 warga yang terdampak angin puting beliung di Desa Air Bening mengatakan, bantuan yang diberikan pemkab setempat berupa paket sembako, atap seng dan sejumlah uang tunai yang berasal dari Baznas Rejang Lebong.

"Bantuan ini sifatnya hanya mengurangi beban dari pada masyarakat terdampak. Ini merupakan bencana alam sehingga harus kita waspadai bersama," ujar dia.

Bencana alam angin puting beliung yang terjadi tersebut kata dia, tidak bisa dielakan namun jika warga sudah mewaspadainya maka kemungkinan jatuhnya korban jiwa bisa diminimalisir.

Untuk itu dia meminta Camat, para kepala desa dan pihak terkait lainnya yakni BPBD bisa memberikan edukasi sehingga jika swaktu-waktu terjadi bencana alam warga sudah bisa mengambil langkah penyelamatan diri.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Rejang Lebong, M Budianto mengatakan, angin puting beliung ini menimpa 11 rumah warga di Dusun III, Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya pada Minggu (10/5) sekitar pukul 13.00 WIB.

Akibat kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun tiga dari 11 rumah yang terdampak bencana alam angin puting beliung ini mengalami kerusakan cukup berat yakni milik Amat Sayuti, Supyana dan rumah milik Amirullah. Sedangkan delapan rumah lainnya termasuk satu unit poskamling mengalami kerusakan ringan dibagian atap.

"Rumah yang mengalami kerusakan ini terjadi dibagian atap, untuk yang tiga rumah rusak berat ini semua atap sengnya hilang sedangkan yang mengalami kerusakan ringan kehilangan atap lima sampai 10 keping," kata dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020