Padang (ANTARA Bengkulu) - Para peserta balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) yang akan berlangsung 4-10 Juni 2012 akan memulai balapan dari Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

"Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya yang dimulai dari Kota Padang, untuk 2012 ini para pebalap akan memulai balapan dari Kota Sawahlunto," kata kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumbar Burhasman Bur di Padang, Jumat.

Ia menjelaskan, dijadikannya Kota Sawahlunto sebagai awal dan tempat pembukaan rangkaian TdS 2012 merupakan usulan dari seluruh kepala daerah di Sumbar.

Selain itu, katanya, ditunjuknya kota yang berjuluk "kota arang" itu merupakan dinamika dari penyelenggaraan iven tersebut, agar menjadi sesuatu yang baru dan unik dari ajang tahunan ini.

Ia menyebutkan, untuk teknis pembukaan dan tempat start pebalap akan diserahkan seluruhnya kepada Pemerintah Kota Sawahlunto bekerja sama dengan panitia TdS.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk jalur selanjutnya dari Kota Sawahlunto masih dalam pengkajiaan dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI).

"Jalan-jalan yang akan dilalui pebalap dari Kota Sawahlunto menuju kota lainnya masih dalam tahap pengkajian dari panitia TdS dan ISSI," katanya.

Ia menambahkan, ditunjuknya Kota Sawahlunto sebagai tempat permulaan ajang tersebut merupakan langkah maju dan sesuatu yang baru dari penyelenggaraan tahun ini.

Ia juga mengharapkan pada TdS selanjutnya kabupaten/kota lain di Sumbar juga mampu menjadi tempat permulaan ajang yang sudah menjadi agenda resmi tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale) bekerja sama dengan Pengurus Besar ISSI, pemerintahan daerah, serta Kementerian Kepariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

Burhasman juga mengatakan, selain tempat permulaan yang dilaksanakan di Kota Sawahlunto, pada penyelenggaraan TdS 2012 14 kabupaten/kota akan dilalui para atlet balap sepeda tersebut.

"Pada TdS 2011 lalu 12 kabupaten/kota yang dilalui, dan untuk tahun ini bertambah menjadi 14 daerah yang ikut terlibat dalam peyelenggaraan iven ini," katanya. (ANT)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012