Tiga kuntum bunga langka dilindungi Rafflesia arnoldii mekar sempurna di tiga lokasi berbeda di wilayah Provinsi Bengkulu yakni di kawasan hutan Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kaur.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan mengatakan ketiga bunga tersebut mekar bersamaan dan saat ini sedang mekar sempurna.

“Satu bunga yang di liku sembilan Kabupaten Bengkulu Tengah juga unik karena memiliki enam kelopak dimana kita ketahui jumlah kelopak bunga normal pada rafflesia adalah lima,” kata Sofian.

Ia mengatakan untuk menyaksikan keunikan tersebut KPPL telah menerbitkan protokol kesehatan dalam rangka memulai normal baru atau “new normal” guna mencegah penyebaran virus Corona atau dikenal COVID-19.

Adapun aturan yang diterapkan bagi pengunjung dan pemandu adalah wajib menggunakan masker, jarak antar-pengunjung 1,5 hingga 2 meter, selalu mencuci tangan atau membawa hand sanitizer, dan terakhir tidak berkelompok atau beramai-ramai saat berfoto dengan bunga langka tersebut.

Menurut Sofian, protokol baru itu sudah disosialisasikan ke enam komunitas peduli puspa langka yang tersebar di sejumlah kabupaten mulai dari Kaur, Seluma, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan dan Kepahiang.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020