Solo (Antara Bengkulu) - Ketua Panitia SNMPTN 2013 Universitas Sebelas Maret Solo Prof Drs Sutarno MSc PhD mengatakan jumlah siswa SMA/MA/SMK yang mendaftar seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri untuk UNS masih minim baru mencapai 24.185 pendaftar.

"Sebanyak 24.185 siswa pendaftar SNMPTN 2013 untuk UNS tersebut diperkirakan baru berasal dari 25 persen sekolah yang telah mendaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNMPTN 2013," kata Sutarno kepada wartawan di Solo, Kamis.

Ia mengatakan, hingga saat ini masih banyak siswa dari 13.303 sekolah di Indonesia yang telah terdaftar di PDSS namun belum mendaftar SNMPTN 2013 UNS, atau sekitar 10.000 sekolah yang siswanya belum mendafar.

"Umumnya siswa yang belum mendaftar karena masih memilih-milih dan menimbang-nimbang. Mereka juga masih mempelajari kira-kira fakultas beserta jurusan yang banyak dipilih oleh pendaftar. Program studi mana saja yang persaingannya ketat," kata Sutarno yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor I UNS.

Ia  mengatakan biasanya pada hari-hari terakhir menjelang penutupan pendaftaran akan terjadi lonjakan pendaftar yang cukup tajam. Secara kuantitas bisa mencapai tiga kali lipat dari hari biasa.

Dikatakannya untuk pendaftaran SNMPTN 2013 akan serentak ditutup pada 8 Maret 2013.

"Saya hanya mengingatkan kepada para calon pendaftar untuk segera melakukan pendaftaran, karena jika saat hari-hari terakhir menjelang penutupan dikhawatirkan terjadi penumpukan, sehingga akses susah masuk," katanya.

Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS ini mengatakan  jika sampai saat ini sudah tercatat 24.185 pendaftar, pihaknya optimistis target UNS untuk meraih pendaftar SNMPTN 2013 sebanyak 40.000 orang calon mahasiswa bisa tercapai. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013