Komandan Korem (Danrem) 041 Garuda Emas Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Adil saat berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong, Rabu, menyatakan anggota TNI yang ada di wilayah itu harus bisa menjaga netralitas saat pelaksanaan Pilkada serentak Desember mendatang.

"Satu TNI netral, jadi TNI netral sesuai dengan petunjuk panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat, Pangdam II Sriwijaya, jadi ada buku petunjuknya tentang netralitas TNI," kata dia usai bertemu Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi di rumah dinas bupati setempat, Rabu.

Dia menambahkan, selain telah mendapat petunjuk dari atasanya untuk menjaga netralitas anggota TNI dalam Pilkada, dia juga telah memberikan pengarahan terhadap prajurit TNI yang bertugas di masing-masing Kodim di Bengkulu termasuk juga kepada prajurit TNI di Yonif 144 Jaya Yudha Curup.

Sedangkan untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dihelat 9 Desember 2020 mendatang, pihaknya juga sudah menyiapkan personel guna membantu Polri dalam pelaksanaannya nanti.

Jika nantinya pengamanan ini membutuhkan jumlah pasukan yang besar pihaknya akan mengerahkan pasukan dari batalyon infanteri, dan untuk kekuatan sementara akan dibantukan personel dari Kodim 0409/Rejang Lebong.  

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi menyambut antusias kunjungan Danrem 041 Gamas Bengkulu ke Kabupaten Rejang Lebong dan merasa bangga karena Danrema 041 Gamas yang baru ini merupakan putra asli Bengkulu.

Sedangkan bantuan-bantuan yang akan diberikan kepada TNI kata dia, semuanya akan diberikan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku serta tidak memberikan perlakuan istimewa namun tetap memegang aturan-aturan yang sudah dikeluarkan.

Pemkab Rejang Lebong akan membantu semua kegiatan TNI di wilayah itu sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020