Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan dukungan masyarakat syarat pencalonan jalur perseorangan atau independen pilkada setempat baru terpenuhi sekitar 63 persen dari syarat minimal.

Koordinator Divisi Tekhnis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Rejang Lebong Visco Putra Alexander di Rejang Lebong, Senin, mengatakan bahwa verifikasi faktual syarat dukungan pencalonan jalur perseorangan atas nama Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah sudah selesai.

Adapun syarat minimal untuk pencalonan independen ini sebanyak 20.334 dukungan.

"Dari 24.687 dukungan yang diserahkan, kemudian diverifikasi faktual hasilnya sekitar 62—63 persen yang dinyatakan memenuhi syarat. Angkanya masih di bawah syarat minimal sebanyak 20.334 dukungan," katanya menjelaskan.

Pasangan ini diberikan kesempatan untuk perbaikan berkas dukungan sehingga bisa diverifikasi faktual (verfak) kembali pada masa perbaikan dengan ketentuan seperti diatur dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2020.

"Verifikasi perbaikan prosesnya sama seperti awal kami akan meminta tim pasangan calon mengumpulkan KTP. Di dalam PKPU No. 1/2020 disebutkan mereka harus mengumpulkan minimal dua kali jumlah kekurangan," katanya.

Jika saat verfak yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni—12 Juli 2020 kekurangannya 5.000 KTP, pada masa perbaikan bakal pasangan calon ini harus mengumpulkan 10.000 KTP kepada KPU Kabupaten Rejang Lebong pada tanggal 25—27 Juli mendatang guna dilakukan verifikasi perbaikan.

Pada pelaksanaan verifikasi perbaikan ini pihaknya tidak akan melakukan cara sensus seperti sebelumnya dengan mendatangi rumah-rumah penduduk yang memberikan dukungan, tetapi meminta tim pasangan ini mengumpulkan para pendukung dalam satu lokasi untuk diverifikasi faktual perbaikan pada tanggal 8—16 Agustus 2020.

Sebelumnya, pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Kabupaten Rejang Lebong menyerahkan syarat dukungan masyarakat dan fotokopi KTP sebanyak 24.687. Jumlah ini lebih banyak dari syarat minimal yang ditentukan KPU Rejang Lebong sebanyak 20.334 dukungan. ***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020