Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mencatat 1.003 ekor hewan kurban akan disembelih umat Muslim di daerah itu pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Kepala Kemenag Rejang Lebong, H Lapulangi didampingi Kasi Binmas Islam, Suhardihirol di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan hewan kurban yang akan disembelih tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan pendataan dalam 156 desa dan kelurahan di 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Dia menambahkan, jumlah ini hewan kurban yang disembelih tersebut kemungkinan akan bertambah karena biasanya akan ada warga yang ikut berkurban secara spontan dengan membeli hewan ternak baik sapi maupun kambing saat hari raya tiba.

"Dari 1.003 ekor hewan yang akan dikurbankan ini terdiri dari sapi sebanyak 487 ekor, kerbau tiga ekor dan kambing sebanyak 513 ekor," terangnya.

Hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya ini jelas dia, sebelumnya sudah dipersiapkan warga sejak jauh-jauh hari dengan mengikuti arisan kurban dan ada juga yang membelinya mendekati hari raya.

Adapun untuk kecamatan terbanyak yang akan melakukan penyembelihan hewan kurban jenis sapi pada tahun ini kata Lapulangi, berada di Kecamatan Curup Tengah yang mencapai 127 ekor, kemudian Kecamatan Curup 102 ekor sapi ditambah tiga ekor kerbau.

"Untuk kecamatan paling sedikit yakni Kecamatan Kota Padang dan Sindang Dataran, masing-masing tiga ekor sapi," tambah dia lagi.

Sedangkan untuk hewan kurban jenis kambing yang akan disembelih terbanyak berada di Kecamatan Sindang Kelingi sebanyak 67 ekor, dan selanjutnya Kecamatan Curup Timur 61 ekor. Kemudian kecamatan paling sedikit berada di Kecamatan Kota Padang yang ada hanya lima ekor.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi COVID-19 saat ini kata dia, harus memenuhi protokol kesehatan seperti yang diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama No.18 tahun 2020, seperti penggunaan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, penyiapan tempat cuci tangan, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020