Dua Maskapai penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Fatmawati-Soekarno yakni Lion dan Garuda menambah frekuensi terbang rute Bengkulu-Jakarta pulang pergi mulai bulan ini.

Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Fatmawati Soekarno, Heru Karyadi, Sabtu mengatakan, penambahan rute penerbangan ini menyusul pemberlakuan era adaptasi baru. 

"Lion akan menambah dari 1 penerbangan jadi 3 penerbangan per minggu sedangkan Garuda bertambah dari 3 kali menjadi 4 kali terbang dalam seminggu," kata Heru. 

Ia mengatakan dalam beberapa pekan terakhir pasca pandemi COVID-19 hingga memasuki libur Idul Adha 1441 H, frekuensi penerbangan naik menjadi 47 persen.

"Puncaknya adalah sebelum hari H lebaran Idul Adha kemarin dan akan ramai lagi Senin nanti," katanya.

Jumlah penumpang meningkat dari hanya 450 per hari, Jumat kemarin terjadi lonjakan 800 penumpang per hari.

Terapkan Safe Travel Campaign

PIhak bandara juga menyosialisasikan Safe Travel Campaign pasca Pandemi Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru sejak Rabu (29/7).

Safe Travel Campaign dimulai 29 Juli hingga 4 September 2020 di 19 Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II sekaligus menjadi deklarasi seluruh stakeholder menjaga bandara AP II siap dalam menghadapi tantangan Covid-19.

Heru mengatakan Safe Travel Campaign atau kampanye keselamatan penerbangan ini sama halnya dengan edukasi kebiasaan baru di lingkungan bandara dengan menerapkan edukasi protokol kesehatan.

“Selain sosialisasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 di area bandara, kita juga menyampaikan ke masyarakat bahwa melakukan penerbangan tidak semenakutkan yang diperkirakan,” tutur Heru.

Safe Travel Campaign ini lebih detil bertujuan mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi new normal, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan traveler untuk bepergian dengan pesawat.

“Kelima Inisiatif pada kampenye ini adalah Physical Distancing, Health Screening, Touchless Processing, Fasility Cleanliness & Sanitizing, dan People Protection. Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kepercayaan publik,” ujar EGM muda ini.

Terakhir, Heru mengutarakan kampanye ini sebagai bentuk pengoptimalaan pelayanan dan trend memulihkan ekonomi melalui transportasi penerbangan di wilayah Bengkulu.

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020