Bengkulu,  (Antara Bengkulu) - Partai Demokrat wilayah Bengkulu menyatakan keterwakilan perempuan pada daftar calon sementara telah terpenuhi sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk maju pada ajang pemilihan legislatif tahun 2014.

"Itu kan peraturan, dan peraturan harus ditaati, untuk DCS kita sudah sesuai dengan peraturan tersebut," kata Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon saat ditemui di kantor sekretariat Partai Demokrat wilayah Bengkulu, Kamis.

Menurutnya, keterwakilan perempuan pada DCS untuk Provinsi Bengkulu baik untuk calon legislatif provinsi, kabupaten dan kota dari Partai Demokrat telah terpenuhi dari syarat minimal seperti yang tertera pada peraturan tersebut.

Mengenai persaingan Partai Demokrat pada gelaran Pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2014, Simbolon yakin Partai Demokrat akan mendapatkan porsi yang besar untuk kursi legislatif baik orovinsi, maupun kabupaten/kota.

"Untuk provinsi, kabupaten dan kota, kita yakin masih besar walaupun saat ini orang melihat ada permasalahan yang terjadi pada Partai Demokrat," kata dia.

Keyakinan Partai Demokrat masih berpeluang besar untuk mendapatkan porsi yang lebih banyak pada legislatif menurutnya hal tersebut disebabkan bentuk pengabdian partai kepada masyarakat.

"Jadi masyarakat itu bukan melihat permasalahan yang terjadi pada tubuh partai, tetapi sentuhan-sentuhan apa yang selama ini yang telah kami berikan," kata dia.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Okti fitriani mengatakan, keterwakilan perempuan pada DCS diatur pada PKPU No. 07 Tahun 2013 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD dan DPRD kabupaten dan kota.

"Jadi sekurang-kurangnya, dari setiap tiga orang calon yang diajukan, itu harus ada satu calon perempuan," kata dia.

Pengajuan bakal calon untuk keterwakilan perempuan tersebut secara spesifik diatur pada pasal 11 huruf b yang menyatakan partai politik wajib memperhatikan bakal calon menyertakan sekurang-kurangnya 30 persen keterwakilan perempuan di setiap daerah pemilihan. (*)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013