Surabaya (Antara Bengkulu) - Pebulu tangkis tunggal putra Tommy Sugiarto menambah keunggulan Indonesia dengan mengalahkan pemain Singapura Chen Yongzhao Ashton 2-0 (21-19, 21-14) di laga penyisihan Piala Axiata 2013, DBL Arena Surabaya, Jumat.

Ashton, pemain dengan segenap prestasi di kejuaraan lokal, tertinggal jauh di awal set pertama, namun menunjukan kegigihannya untuk mengejar Tommy, peringkat ke-25 dunia, hingga akhir pertandingan.

ommy, berusia 24 tahun, langsung "panas" dengan melancarkan smes-smes keras ke sisi luar bidang daerah Ashton yang tak mampu dibendung. Sebaliknya, pengembalian bola rendah Ashton yang berujung keluar, membuat Tommy unggul 15-8.

Namun, ketika unggul, dengan selisih di atas enam poin, Tommy kerap lengah dan memberikan kesempatan untuk Ashton bangkit. Smes keras Ashton yang tidak terhadang, membuat poinnya mendekati Tommy 17-14.

Reli panjang mewarnai "match poin" yang diraih Tommy. Ashton, yang pada Korea Terbuka 2013 lalu dihempaskan tunggal Indonesia lainnya Sonny Dwi Kuncoro di kualifikasi, masih memiliki asa, setelah pukulannya berhasil membuat skor menjadi tipis, 20-19.

Namun, ketika permainannya tengah menanjak, Ashton malah lengah dalam melakukan servis. Servisnya melambung ke sisi kanan dan jatuh di luar garis lapangan. Tommy unggul 21-19.

Tommy di "atas angin". Di awal set kedua, anak kandung dari pebulu tangkis nasional Icuk Sugiarto ini mampu unggul jauh 10-4. Namun, Asthon, yang terakhir berlaga di Jepang Terbuka Superseries 2013 ini dan hampir meraih perempatfinal, enggan memberikan perlawanan mudah.  

Dia berjibaku menyambut bola-bola yang diberikan Tommy. Usahanya mengembalikan bola dengan mendaratkan tubuhnya tidak berbuah manis. Pukulan melambung Tommy yang salah diantisipasi Ashton, menutup set kedua 21-14.    

Sebelum Tommy, tunggal putri Linda Weni Fanetri harus bersusah payah untuk mengalahkan andalan Singapura Xing Aiying, dengan "rubber set" 21-17, 19-21, 21-9. Indonesia sementara unggul 2-0.

Selanjutnya akan bermain, tunggal putra Tommy Sugiarto melawan Chen Ashton, Ganda campuran M. Rijal-Debby Susanto melawan Liu Yi-Yao Lei, ganda putra Angga Pratama, Ryan Saputro melawan Danny Bawa Chrisananta-Yeo Zhao.

Pewarta: Oleh Indra Arief Pribadi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013