London (Antara Bengkulu) - Sepuluh gaun milik Putri Diana, termasuk yang dikenakan ketika ia berdansa dengan aktor John Travolta pada makan malam di Gedung Putih, terjual seharga 862.800 Euro dalam lelang di London pada Selasa.

Barang yang paling ikonik - gaun strapless beludru biru gelap yang dikenakan saat makan malam pada 1985 yang dijamu  oleh presiden AS Ronald Reagan untuk menghormati Pangeran dan Putri Wales - meraup  240.000 Euro.

Hal ini diabadikan dalam foto-foto Diana menari dengan Travolta untuk lagu "You Should be Dancing" dari film "Saturday Night Fever".

Gaun itu dibeli "oleh seorang pria Inggris yang mengatakan ia ingin membelinya sebagai kejutan untuk menghibur istrinya", jelas pengusaha lelang Kerry Taylor.

Pakaia-pakaian, yang dibuat oleh beberapa desainer favorit Diana termasuk Zandra Rhodes, Catherine Walker, Bruce Oldfield dan Victor Edelstein, berbagi sejarah yang luar biasa.

Beberapa dikenakan oleh putri selama perjalanan resmi ke Austria, Australia, Brazil, India, Korea Selatan dan Amerika Serikat, kata rumah lelang.

Mereka kemudian diakuisisi oleh pengusaha Florida Maureen Rorech pada penjualan 1997 untuk mengumpulkan uang guna amal kemanusiaan yang didukung oleh putri, dua bulan sebelum dia tewas dalam kecelakaan mobil di Paris.

Rorech menempatkan 14 dari gaun untuk dijual pada lelang di Kanada pada tahun 2011 setelah menyatakan kebangkrutan, tetapi hanya empat dijual saat mencapai harga yang cukup tinggi, kata seorang juru bicara Kerry Taylor.

Semua item yang tersisa dijual pada Selasa dengan harga mulai dari  24.000 Euro sampai 240.000 Euro. Dua dibeli oleh sebuah museum "penting" Inggris, ungkap Taylor.

"Ini sangat penting bagi generasi yang akan datang," tambahnya. "Karena Diana adalah putri rakyat, sehingga rakyat harus dapat melihat gaun ini. Ini adalah warisan kita, sejarah kita."

Penerjemah: A. Krisna

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013