Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pelaksanaan gerak bhaktis sosial di wilayah tertinggal, terpencil dan perbatasan (Galciltas) upaya membangun serta membentuk perilaku dan sikap positif masyarakat terhadap penerimaan program pemerintah yang bertujuan meningkatkan taraf hidup warga di wilayah tersebut.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu widati, melalui Kepala Bidang Advokasi dan Penggerakkan Informasi (ADPIN) BKKBN Iskandar mengatakan, gerak bhakti sosial di wilayah Galciltas di daerah ini dilaksanakan oleh dua lembaga pemerintah yakni BKKBN dan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Integrasi program kedua instansi tersebut upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat melalui sektor kesehatan masyarakat dan KB.

"BKKBN bersama Dinas Kesehatan memberikan pelayanan secara cuma-cuma baik pelayanan kesehatan maupun pemasangan alat kontrasepsi program KB bagi masyarakat di wilayah Galciltas sejak 13-15 Maret 2013," kata Iskandar diselah pelayanan di wilayah Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Kepahiang.

Ia mengatakan, bhaksos program di wilayah Galciltas pada tahun ini telah dilaksanakan di Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah, bhkasos di Kabupaten Kepahiang dilaksanakan di Desa Cinto Mandi dan Linggar Jaya, sementara Galciltas di Bengkulu Tengah pelaksanaannya berlangsung di Desa Bajak II, Desa Jambu dan Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelintang Kabupaten Kepahiang.

Iskandar menambahkan, bhaksos pelayanan kesehatan dan KB di wilayah Galciltas merupakan program prioritas garapan sejumlah program Nasional, melalui kegiatan di wilayah tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap sejumlah program pemerintah khususnya Kependudukan dan KB.

"Sejak tiga tahun terakhir bhaksos di wilayah galciltas telah berjalan dan telah melayani disejumlah desa yang sulit dijangkau, termasuk Desa Linggar Jaya yang dalam dua tahun ini terus dikunjungi untuk pelayanan KB," ujar Iskandar. (ming)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013