Jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu, menggandeng perguruan silat yang ada di wilayah itu guna menyosialisasikan pencegahan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko saat menggelar pertandingan pencak silat yang dipusatkan di Lapangan Adam Futsal Curup, Rabu, mengatakan para pesilat diminta membantu pemerintah untuk menyosialisasikan pencegahan COVID-19 di tempat tinggalnya masing-masing.

"Salah satu tujuan kegiatan ini yang kita laksanakan ini ialah mengajak para pendekar-pendekar silat sebagai agen sosialisasi 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata dia.

Dia menambahkan, kegiatan yang mereka laksanakan itu juga merupakan bagian dari komunikasi sosial (komsos) kreatif, serta dalam rangka menyambut dan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 serta menjalin silaturahmi antar pendekar silat.

"Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya pelestarian pencak silat sebagai warisan leluhur bangsa kita. Apalagi olahraga pencak silat saat ini masih sangat familiar di masyarakat Rejang Lebong, karena hampir setiap masyarakat Rejang Lebong mengetahui bahkan menguasai pencak silat," urainya.

Dia mengharapkan, kegiatan yang mereka laksanakan itu nantinya bisa membangkitkan lagi semangat para pendekar pencak silat setelah sebelumnya sempat vakum karena pandemi COVID-19.

Sementara itu, Ketua IPSI Rejang Lebong Riki Pernando menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh 24 peserta dari 23 perguruan silat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

"Karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga bentuk pertandingannya bukan pertarungan, namun pertandingan yang dilaksanakan dalam cabang baku tunggal putra-putri. Jurus-jurus yang dipertandingkan mulai dari tanpa alat, menggunakan alat baik tongkat maupun golok," terangnya.

Adapun beberapa perguruan pencak silat yang mengikuti pertandingan ini kata dia, antara lain Persatuan Seti Hati Terate (PSHT), Tapak Suci, Persinas Asad, Satria Muda Indonesia (SMI), Al Azhar, Sabit Emas, Persinaga Indonesia, Pensil Sakti, Naga Hijau, Bayu Geni, Tribela, dan Bunga Teratai.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020