Dalam rangka merayakan kemerdekaan sekaligus mengenang perjuangan proklamator Soekarno, puluhan anggota Komunitas Sepeda Onthel Cerano van Bencoolen menggelar upacara di Rumah Pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu.

"Sudah jadi tradisi tahunan melaksanakan upacara di hari kemerdekaan RI di kediaman Bung Karno," kata Inspektur Upacara, Ridwan sekaligus Ketua Komunitas, Senin. 

Dalam upacara HUT ke-75 ini, puluhan anggota komunitas sepeda onthel ini juga berkostum layaknya pejuang pada saat memperebutkan kemerdekaan RI.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan tujuan upacara di kediaman Bung Karno ini agar masyarakat Bengkulu lebih mengetahui bahwa Proklamator Soekarno juga pernah diasingkan di Bengkulu dan mempunyai istri dari Provinsi Bengkulu yang berkontribusi dalam kemerdekaan RI yaitu Fatmawati.

"Istri Bung Karno juga berasal dari Bengkulu atas perannya membantu kemerdekaan RI dengan menjahit sang merah putih pertama" ujarnya.

Setelah upacara, komunitas Cerano van Bencoolen melangsungkan konvoi kemerdekaan dengan menelusuri sejumlah cagar budaya sejarah di Kota Bengkulu.

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020