Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu memperkenalkan potensi puspa langka yang ada di Bengkulu kepada pengunjung mall dalam even Bencoolen Fest 2020.

Ketua KPPL Bengkulu, Sofian Ramadhan mengatakan, stand pameran KPPL ikut berpatisipasi dalam memperkenalkan puspa langka Rafflesia arnoldii sebagai ikon Provinsi Bengkulu kepada para pengunjung mall.

"Kami tidak hanya mempromosikan kegiatan komunitas ini tetapi juga turut memperkenalkan bunga Rafflesia arnoldii kepada pengunjung," kata Sofian, Sabtu.

Menurut Sofian, Bengkulu mempunyai banyak keanekaragaman hayati dan kekayaan alam yang tidak banyak ditemui di daerah lain sehingga hadirnya komunitas KPPL bisa memberi edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian puspa langka.

"Di sini kita sajikan kepada pengunjung akan pelestarian bunga rafflesia. Kita mengajak pengunjung supaya lebih menjaga dan mempromosikan potensi alam kita bahwa puspa langka yang tumbuh di Bengkulu tidak kalah dengan provinsi lainnya," kata Sofian.

Selain itu, mereka mengedukasi para pengunjung mengenai bunga rafflesia, mulai dari sejarah, jenis, hingga sebaran tumbuh bunga langka ini.

"Karena sejauh ini masih ada yang menganggap bunga bangkai dan rafflesia itu sama padahal berbeda dan ini juga menjadi peluang untuk memperkenalkan kekayaan Provinsi Bengkulu yang satu ini," kata Sofian.

Di stand KPPL terlihat pengunjung disediakan berbagai informasi tentang Rafflesia arnoldii berupa buku dan selebaran hingga replikanya.

"Selain itu kami ingin memperkenalkan ke masyarakat bahwa puspa langka kita juga sangat beragam," ujarnya.

Pada pameran Bencoolen Fest tersebut, KPPL Bengkulu bersama 48 komunitas lain menyajikan potensi kreatifitas hingga sarana promosi antar komunitasnya. 

Pengunjung diajak bertatap muka dan melakukan komunikasi tanya jawab langsung kepada anggota komunitas.

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020