Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu saat ini telah membagikan ribuan masker kepada masyarakat di 15 kecamatan  guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Ketua TP-PKK Kabupaten Rejang Lebong Fitri Hertikasari Hijazi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pembagian masker tersebut mereka lakukan secara langsung dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah maupun di pasar dan tempat berkumpul masyarakat lainnya.

"Kita dari TP PKK Kabupaten Rejang Lebong komitmen membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya ialah dengan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat," kata dia.

Dijelaskan dia, ribuan masker yang telah mereka bagikan itu menyasar masyarakat yang ada di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mulai dari Pasar De, Pasar Bang Mego, Pasar Atas, Pasar Kamis Selupu Rejang dan sejumlah tempat lainnya.

Pada kegiatan pembagian masker gratis ini, pihaknya menemukan fakta di lapangan jika kesadaran masyarakat baik pedagang maupun pembeli atau masyarakat umum untuk memakai masker masih rendah sekali, secara persentase masyarakat yang sudah sadar menggunakan masker baru sekitar 40 persen.

Rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker karena masih menganggap enteng COVID-19 sehingga mereka biasa-biasa saja.

Untuk itu pada pembagian masker ini, pihaknya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker.

Selain itu Pemkab Rejang Lebong saat ini akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker berupa denda atau hukuman sosial.

Sementara itu, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir dalam keterangan tertulisnya menyebutkan pada hari itu tidak ada penambahan warga yang dinyatakan positif COVID-19, dan masih berjumlah 28 kasus, di mana 13 orang dinyatakan sembuh serta 15 orang lainnya masih menjalani karantina.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020