Turin (Antara Bengkulu) - Gol-gol pada babak kedua dari Mario Mandzukic dan Claudio Pizarro mengamankan tempat Bayern Munich di semifinal Liga Champions, melalui kemenangan berkelas 2-0 atas Juventus pada Rabu (Kamis WIB).

Juve ditaklukkan oleh tim yang baru dinobatkan menjadi juara Liga Utama Jerman (Bundesliga) itu dengan skor 0-2 pada pertandingan pertemuan (leg) pertama perempat final yang berlangsung pekan lalu.

Bagaimanapun, pasukan Antonio Conte memberikan penampilan yang lebih baik pada Rabu sebelum harapan mereka buyar ketika tandukan Manczukic melewati Gianluigi Buffon pada menit ke-64, setelah sang kiper menggagalkan upaya Javier Martinez.

Di saat Juve kehilangan gigitan pada fase-fase akhir pertandingan, Pizarro memaksimalkan rapuhnya pertahanan tuan rumah untuk menaklukkan Buffon pada dua menit menjelang masa tambahan waktu untuk membuat raksasa Italia itu kalah agregat 0-4.

Juve, yang tidak terkalahkan di kandang pada kompetisi ini sejak takluk 1-4 dari Bayern pada 2009, memberi tekanan untuk mencetak gol cepat namun juara Liga Italia itu kekurangan amunisi di lini depan.

Penyerang Mirko Vucinic, yang absen pada pertandingan pertama, tampil sejak awal untuk berduet dengan Fabio Quagliaralla karena Sebastian Giovinco mengalami cedera lutut, dan ia membuang peluang yang didapatnya pada menit kedua ketika tembakannya dari tepi kotak penalti kurang bertenaga.

Claudio Marchisio kemudian meneruskan bola cungkil Andrea Pirlo dengan tembakan yang melambung, sedangkan di sisi lain Mandzukic memberi ancaman ketika ia mendapat umpan silang mendatar dari Franck Ribery, namun bek tengah Leonardo Bonucci sigap mengamankan area pertahanannya.

Peluang terbaik Juve pada babak pertama didapat pada menit k-20 ketika Marchisio dilanggar di tepi kotak penalti. Tendangan bebas Pirlo mengarah ke sasaran, namun Manuel Neuer menggunakan kedua tangannya untuk melakukan penyelamatan.

Juve menikmati penguasaam bola dan momentum sebelum menit ke-30, di mana Paul Pogba mengirim umpan silang bagus ke mulut gawang Bayern tanpa mampu dimaksimalkan rekan-rekannya.

Bayern hanya mendapat sedikit kesempatan, namun mereka terlihat berbahaya saat mereka melakukannya.

Beberapa mnit kemudian umpan silang disambut Mandzukic yang tidak terkawal, dan sundulannya kepada Thomas Mueller sepakan "first time" pemain Jerman itu tanpa tersentuh masuk ke gawang Buffon.

Arjen Robben kemudian bebas berlari menuju kotak penalti Juve, dan mendapati Ribery yang semestinya mampu dengan mudah menyepaknya, namun tembakan pemain Prancis ini masih dapat diblok.

David Alaba, yang mengjutkan Buffon ketika pertandingan baru berlangsung 25 detik pada pekan lalu, memaksa kapten Juve itu melakukan penyelamatan pada menit ke-37, ketika tim tamu menyelesaikan babak pertama dengan kerepotan.

Juve meneruskan bermain bagus namun ketika pelanggaran yang dilakukan terhadap Juventus, dapat diantisipasi Neuer yang dengan mudah mengamankan bola setelah sempat terkena dinding pertahanan.

Namun beberapa menit kemudian Neuer dipaksa melakukan pergerakan bagus ke sisi kanan untuk mengcover Fabio Quagriallela.

Kevin mulai membangun momentu dan Robben mengancam melalui tembakan melengkung dari jarak 20 meter, yang mengenai sisi kanan Buffon.

Beberapa saat kemudian, tim Bavaria ini terlihat telah mengunci tiket ke empat besar, setelah Giorgio Chielini membuat timnya dihukum tendangan bebas, menyusul adu sundulan dengan Mandzukic yang membuat sang penyerang tersungkur di lapangan.

Gelandang Bastian Schweinsteiger melepaskan tendangan bebas dan ketika Buffon mengagalkan upaya Martinez maka Mandzukic berada di posisi yang tepat untuk menanduk bola ke gawang tuan rumah.

Tim Jerman ini seharusnya dapat menggandakan keunggulannya setelah Mueller merangsek dari sisi kiri namun tembakannya melebar.

Conte melakukan tiga perubahan dengan Alessandro Matri menggantikan Quagliarrela, namun kemudian masalah Juve malah menjadi bertambah besar.

Robben memaksa Buffon mengamankan gawangnya pada beberapa menit terakhir, namun sang kiper gagal mengantisipasi tembakan Pizarro,

Penerjemah: A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013