Bengkulu (Antara Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu telah menerima berkas dukungan berupa kartu tanda penduduk dari empat calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Soemarno, Kamis mengatakan calon anggota DPD yang menyerahkan berkas dukungan, yakni Amhad Kanedy, Bambang Soeroso, Rahimullah dan Iqbal Bastari.

"Berkas dukungan dari calon anggota DPD Iqbal Bastari kami terima hari ini sehingga sudah ada empat calon DPD yang mendaftar," katanya kepada wartawan.

Iqbal yang merupakan mantan Wakil Bupati Kabupaten Rejanglebong menyerahkan 3.053 dukungan KTP kepada KPU.

Syarat minimal dukungan untuk calon anggota DPD yakni berkas dukungan KTP sebanyak 2.000 dukungan.

Pendaftaran dua calon anggota DPD yakni Ahmad Kanedy yang merupakan mantan Wali Kota Bengkulu dan Bambang Soeroso yang saat ini masih tercatat sebagai anggota DPD asal Bengkulu diterima KPU pada Selasa (9/4).

"Sedangkan berkas dukungan Rahimullah diserahkan pada Rabu (10/4) kemarin," tambahnya.

Soemarno menjelaskan pada hari ketiga masa pendaftaran calon anggota legislatif dari partai politik peserta Pemilu 2014 dan calon anggota DPD, KPU Provinsi Bengkulu baru menerima pendaftaran calon anggota DPD.

Sementara parpol peserta Pemilu 2014 belum menyerahkan daftar calon anggota legislatif untuk DPR dan DPRD provinsi.

Ia mengatakan, tahapan pendaftaran calon anggota DPR-RI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota untuk Pemilu 2014 dimulai sejak 9 April hingga 22 April 2013.

Secara berjenjang pimpinan parpol mendaftarkan bakal caleg, yakni untuk DPR-RI dan DPRD provinsi di KPU provinsi dan DPRD kabupaten/kota di KPU setempat.

Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Bengkulu Zaryana Rait mengatakan akan mendaftarkan calon anggota legislatif dari partainya pada 17 April 2013.

"Kami akan menyerahkan daftar calon anggota legislatif untuk provinsi serta kabupaten dan kota ke KPU serentak pada 17 April 2013," katanya.

Ia mengatakan, komposisi keterwakilan perempuan sudah terpenuhi yakni 30 persen dari jumlah calon legislatif yang didaftarkan. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013