Antara Digital Media yang merupakan anak perusahaan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA siap mempromosikan potensi yang dimiliki Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur melalui kerja sama kanal distribusi digital baik "indoor" maupun "outdoor" (videotron) untuk diketahui masyarakat luas.

Chief Executive Officer IMQ Antara Digital Media Darmadi mengatakan program kerja sama tersebut merupakan upaya Antara untuk membantu promosi daerah,sehingga kinerja dari pemerintah setempat dapat tersosialisasikan.

"Melalui kerja sama layanan informasi publik berupa digital yang indoor maupun outdoor, Antara membantu promosi pemerintah daerah. Bagaimana kinerja, program daerah bisa tersosialisasikan dan terpromosikan dengan baik jika memang ada potensi yang ingin disampaikan," ujar Darmadi di Madiun, Jumat.

Menurut dia, untuk yang media "indoor", lokasi yang dipilih biasanya berada di tempat strategis, seperti rumah sakit, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, bahkan ada juga yang di mal. Namun demikian, Pemkot Madiun belum menentukan lokasi untuk indoor.

Sedangkan yang media "outdoor" nantinya berupa media digital dengan ukuran besar berupa videotron yakni 4x8 meter.

Untuk lokasi videotron disepakati dengan Pemkot Madiun akan dipasang di area Pahlawan Street Center ataupun Taman Sumber Wangi.

Adapun videotron nantinya akan memuat 40 persen berita khusus Kota Madiun yang disediakan Dinas Komunikasi dan Informatika. Sedangkan, 60 persen lainnya adalah berita nasional dari LKBN Antara.

"Dengan adanya media ini diharapkan program-program pemerintah daerah bisa lebih mudah sampai ke publik," kata dia.

Lebih lanjut, Darmadi menjelaskan, layanan informasi publik berupa digital yang indoor maupun outdoor merupakan kerja sama antara Kementerian Kominfo, Antara, dan pemerintah daerah. Targetnya seluruh kabupaten/kota di Indonesia dapat menjalin kerja sama tersebut sehingga kinerja dan potensi pemda dapat diketahui publik dengan baik.

"Sejauh ini sudah ada 120 kota/kabupaten yang melakukan kerja sama. Dari jumlah itu sudah terdapat 84 titik pemasangan indoor dan 13 titik untuk videotron. Pemasangan sempat terhenti karena pandemi COVID-19, dan alhamdulillah sekarang jalan lagi," ungkap Darmadi.

Total ada sebanyak 5.000 titik indoor dan 600 videotron yang akan dipasang guna mewujukan misi "Tersebar Satukan Negeri" sehingga berbagai informasi dan berita dari seluruh pemerintahan di Indonesia dapat diketahui.

Wali Kota Madiun Maidi menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan Antara dan Kementerian Kominfo. Videotron nantinya akan memuat berita-berita menarik dari Kota Madiun secara khusus dan Indonesia secara umum.

"Ini program yang luar biasa. Harapannya, program dan kegiatan yang menarik di Kota Madiun ini dapat diketahui nasional dan dunia," kata Wali Kota Maidi.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kasubdit Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo Helmi Hafidz. Ia mengapresiasi Antara Digital Media, telah melakukan terobosan dengan membangun media digital indoor dan outdoor (Videotron) sebagai sarana baru dalam menyebarkan informasi faktual tentang pemerintahan, pembangunan dan potensi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Terobosan itu telah membantu Kominfo dalam hal ini Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) dalam mengimplentasikan Amanat UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dengan PP Nomor 12 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan.

"Untuk implementasi PP nomor 12/2017, dimana Kementerian Kominfo pusat hanya memberikan pembinaan sampai ke provinsi. Dengan jembatan Antara Digital Media ini bisa mengkolaborasikan, sehingga kawan-kawan Dinas Kominfo di kabupaten/kota itu bisa kita rangkul semuanya," kata Helmi.

Pihaknya juga menilai upaya Antara Digital Media sebagai mitra sangat mendukung Kominfo dalam menjalankan fungsinya sebagai "Government Public Relations" (GPR) pemerintah dalam rangka menyatukan negeri.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020