Salah satu siswa SDN 08 Kota Bengkulu yaitu Muhammad Ilham Yose Pratama meraih peringkat 6 nasional dalam perlombaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Kihajar STEM) dengan mengolah bunga telang dicampur dengan jeruk kalamansi sebagai minuman berkhasiat.

"Saya sangat senang dan tidak mengira mendapatkan peringkat enam nasional ini," kata Ilham di Bengkulu, Kamis. 

Ia menambahkan bahwa awalnya mendapatkan ide tersebut dari orang tuanya yang bekerja sebagai penyuluh di Dinas Pertanian. 

Ilham yang hobi bermain bola ini menyebutkan jika peserta tingkat SD yang mengikuti lomba mencapai 6.000 orang.

Minuman yang diraciknya tersebut mengandung banyak manfaat seperti memiliki antioksidan, pH berkisar 4-10 dan mengandung vitamin C yang tinggi dan cocok untuk meningkatkan imunitas manusia. 

Orang tua Ilham, Desi Anita mengatakan jika bunga telang ini mudah tumbuh di daerah tropis seperti di Bengkulu.

"Awalnya kami tidak mengetahui manfaat dan kandungan bunga ini dan ternyata memiliki antioksidan yang tinggi dan PH yang tinggi jadi ketika di mix dengan kalamansi yang merupakan produknya Bengkulu ada perubahan pH karena buah kalamansi masam," terangnya. 

Desi menjelaskan bahwa sebenarnya minuman tersebut merupakan hasil riset penyuluh Dinas Pertanian yang dibagikan kepada pelaku Usaha Kecil, Menengah (UKM) yang ada di Kota Bengkulu untuk membuat minuman ektrak bunga telang dicampur dengan kalamansi karena pihaknya telah membudidayakan jeruk kalamansi. 

Minuman jeruk kalamansi dicampur dengan bunga talang awalnya hanya untuk acara-acara kedinasan saja dan belum diproduksi secara besar-besaran.

Namun bagi masyarakat yang mau memesan minuman tersebut bisa langsung memesannya di UKM di Pasar Baru.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020