Jakarta (Antara Bengkulu) - Hasil survei Indo Barometer menyimpulkan jika pemilu legislatif diselenggarakan saat ini, PDI Perjuangan meraih posisi teratas yakni 18,8 persen, jauh melampaui perolehan suara Partai Demokrat yang hanya 4,8 persen.

"Ini merupakan hasil survei Indo Barometer dengan responden para pemuda berusia 16-30 tahun. Artinya, para pemuda paling banyak akan memilih PDI Perjuangan," kata Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP PDI Perjuangan, Marurar Sirait, ketika membuka rapat koordinasi bidang pemuda dan olahraga (Rakorbid Pora) IV, di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis.

Menurut Marurar, survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia pada periode 15-25 Maret 2013.

Ia menambahkan, responden dipilih dengan metode "multistage random sampling" dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei tersebut, kata dia, PDI Perjuangan meraih 18,8 persen, Partai Golkar meraih 17,5 persen, Partai Gerindra 14,3 persen, Partai Demokrat 4,8 persen,
PKB 3,2 persen, Partai NasDem,  2,9 persen, PAN 2,6 persen, PKS 1,9 persen, Hanura 1,5 persen, dan PPP 1,1 persen.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menambahkan, dari hasil survei tersebut juga menyimpulkan responden yang belum menentukan pilihan partai politik dan menjawab tidak tahu masih sangat tinggi yakni 30,3 persen.

"Pemuda yang belum menentukan pilihan ini masih merupakan suara mengambang  yang akan dibidik PDI Perjuangan menghadapi pemilu 2014," katanya.

Maruarar menambahkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pemuda berusaha 16-30 tahun ada sekitar 90 juta jiwa.

"Sebanyak 30 persen dari sekitar 90 juta yakni sekitar 27 juta jiwa. Ini potensi suara yang besar untuk dibidik," katanya.

Maruarar menjelaskan, untuk membidik para pemuda yang belum menentukan pilihannya maka bidang pemuda dan olahraga DPP PDI Perjuangan, akan menerapkan sejumlah program dan kebijakan, kejuaraan sepakbola Piala Megawati Soekarnoputri, pelatihan "public speaking" kepada para pelajar dan  mahasiswa, peluncuran buku "Megawati tidak Feodal" dan sejumlah kegiatan lainnya.

Ia menambahkan, selama setahun terakhir para kader muda PDI Perjuangan yang tergabung dalam Taruna Merah Putih juga telah melakukan serangkaian kegiatan, antara lain kejuaraan renang, pelatihan "public speaking", kegiatan donor darah, serta perayaan Hari Kartini.

Pada Rakorbid Pora VI ini, kata dia, akan membahas antara lain, strategi menyikapi hasil survei Indo Barometer serta rencana menyelenggarakan berbagai kegiatan dan kebijakan partai. (ANTARA)

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013