Bengkulu (Antara Bengkulu) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan menggelar simulasi pengurangan resiko bencana gunung meletus di sekitar kawasan Gunung Kaba, Curup, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu.

"Program ini dari BNPB yang digelar di wilayah Curup untuk pengurangan resiko bencana gunung meletus," kata Kepala Bidang Pra-Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Ahmad Devi di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, BPBD provinsi dan kabupaten menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut.

Gunung Kaba di Curup merupakan gunung api aktif yang rutin dipantau oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), lembaga pemantau gunung berapi di Indonesia.

"Pelaksanaann simulasi ini masih menunggu koordinasi dari BNPB, yang pasti sudah dianggarkan dalam APBN 21013," katanya.

Devi mengatakan penduduk yang dilibatkan dalam simulasi tersebut juga menunggu survei bersama BNPB.

Sementara simulasi bencana gempa bumi dan tsunami yang cukup besar potensinya di Provinsi Bengkulu, menurutnya, sudah pernah digelar pada 2009.

Pengurus Palang Merah Indonesia Rejanglebong telah menetapkan Desa Sumberurip, di lereng gunung Kaba sebagai desa percontohan nasional siaga bencana pada 2012.

"Desa Sumberurip terpilih sebagai desa percontohan siaga bencana tingkat nasional, selain itu SDN 06 Sumberurip juga dijadikan percontohan nasional untuk sekolah siaga bencana," kata Sekretaris PMI Provinsi Bengkulu Joni Saputra.

Pembentukan desa dan sekolah siaga bencana ini, ujar dia, bertujuan memberikan contoh penanganan bencana baik untuk daerah maupun tingkatan sekolah lainnya.

Selain akan mendapat pengetahuan dan teknik penanganan bencana, desa dan sekolah ini juga akan mendapatkan bantuan peralatan untuk penanganan bencana.

"Program untuk masyarakat disebut siaga bencana berbasis masyarakat atau sibat," katanya.

Kelompok masyarakat sudah memiliki organisasi dan pengetahuan tentang pembuatan peta bencana di desa tersebut.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013