London (Antara Bengkulu) - Emerson Boyce mencetak gol bunuh diri saat Tottenham Hotspur bermain imbang 2-2 di kandang Wigan Athletic pada Sabtu, yang mencegah tim tuan rumah memanjat meninggalkan zona degradasi Liga Utama Inggris.

Gol mengejutkan dari Callum McManaman terlihat akan membuat Wigan meninggalkan tiga tempat terbawah, namun Boyce secara tidak sengaja membelokkan bola dari tendangan bebas Tom Huddlestone menembus gawang sendiri pada fase-fase akhir pertandingan.

Boyce lebih dulu mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-11, ketika ia menanduk bola tendangan sudut setelah Gareth Bale menaklukkan kiper Wigan Joel Robles untuk membuat tim tamu unggul terlebih dahulu.

McManaman kemudian melepaskan sepakan kaki kiri yang tidak dapat diantisipasi Hugo Lloris pada menit ke-49 untuk membuat finalis Piala FA ini balik memimpin, namun ketidak beruntungan Boyce menggagalkan Wigan meraih kemenangan yang berpotensi menjadi krusial.

Satu angka hanya sedikit berarti bagi kedua tim,dengan Spurs menyia-nyiakan peluang untuk kembali ke zona kualifikasi Liga Champions, sedangkan Wigan sekarang tertinggal dua angka dari tim peringkat keempat dari bawah Villa dengan empat pertandingan untuk dimainkan.

"Ketika Anda berada di dasar klasemen, kelihatannya terkadang anda memancing bola ke gawang Anda sendiri, namun hal itu merupakan marjin kecil yang terkadang mempengaruhi hasil-hasil," kata pelatih Wigan Roberto Martinez.

"Namun Anda tidak dapat lebih bahagia dan lebih bangga. Kami perlu untuk tampil dalam sikap yang sama. Jika kami tampil seperti yang kami perlihatkan hari ini, maka kami akan baik-baik saja."

Stoke City terlihat mengamankan satu musim tambahan di antara tim-tim elit Inggris setelah menang 1-0 atas tamunya Norwich City, yang membuat pasukan Tony Pulis menghuni peringkat ke-12 di klasemen, unggul tiga angka atas tiga tim terbawah.

Charlie Adam mencetak gol dari operan Peter Crouch pada awal babak kedua, untuk membuat Norwich kini hanya unggul enam angka dari zona degradasi dengan menempati peringkat ke-14.

"Tiga angka merupakan hal penting sebab kami memiliki pertandingan-pertandingan berat di depan," kata pelatih Stoke Pulis.

"Tantangan pertama kami selalu untuk bertahan di Liga Utama Inggis. Hal-hal lain merupakan bonus."

Everton memperbesar peluang mereka untuk tampil di sepak bola Eropa musim depan, melalui kemenangan 1-0 di kandang sendiri atas Fulham, yang membuat mereka tertinggal tiga angka dari tim peringkat kelima Spurs, meski telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Gelandang Afrika Selatan Steven Pienaar mencetak satu-satunya gol pada pertandingan itu di menit ke-16 di Goodison Park, menyambar bola ke sudut kiri bawah gawang dari umpan Seamus Coleman.

Sementara itu, Marc-Antoine Fortune mencetak satu gol dan memberi umpan untuk terciptanya gol lain namun kemudian diusir keluar lapangan saat West Bromwich Albion menang 3-0 di markas Southampton, yang mengakhiri pertandingan dengan sembilan pemain.

Pemain Prancis itu memasukkan bola melintasi garis gawang dari tendangan sudut pada menit keenam dan kemudian memberi umpan kepada Romelu Lukaku untuk menambahi gol kedua dengan 23 menit tersisa.

Shane Long menambahi gol ketiga namun pada fase akhir pertandingan itu Fortune mendapat kartu merah karena menampar pemain Southampton Gaston Ramirez.

Pemain uruguay itu memancing kemarahan Fortune karena ia menyikut Long, dan ia juga dikartu merah atas pelanggaran itu, di mana rekan setimnya Daniel Fox mengikuti ia ke lorong pemain setelah ia melabrak Steven Reid.

Pada pertandingan sebelumnya, Sergio Aguero dan Yaya Toure masing-masing mencetak satu gol saat Manchester City memulai kehidupan sebagai mantan juara dengan kemenangan 2-1 di markas West Ham United.

City menyerahkan mahkota liga mereka kepada Manchester United pada awal pekan ini namun kesuksesan mereka menaklukkan tim papan tengah West Ham mempererat genggaman mereka kepada peringkat kedua dan membawa mereka lebih dekat ke kualifikasi Liga Champions.

Aguero membuka gol melalui upaya bagus pada menit ke-28, pada hari yang cerah di Stadion Etihad, sebelum Toure memastikan kemenangan timnya tujuh menit sebelum pertandingan usai dengan sepakan kaki kiri yang melayang ke sudut kiri gawang.

Satu-satunya cacat bagi hari City terjadi pada masa tambahan waktu, ketika kiper Joe Hart membiarkan tembakan keras Andy Carroll melewati kakinya dan melintasi garis gawang.

"Saya gembira dengan penampilan ini," kata pelatih City Roberto Mancini. "Saya tidak gembira untuk gol-gol yang gagal kami cetak, sebagaimana kami semestinya dapat mencetak lebih banyak gol, namun hal itu telah menjadi masalah kami pada musim ini."

Pada pertandingan terakhir Sabtu, tim peringkat kelima dari bawah Newcastle United menjamu Liverpool, yang akan bermain untuk pertama kalinya sejak penyerang mereka Luis Suarez mendapat skorsing sepuluh pertandingan karena menggigit bek Chelsea Branislav Ivanovic.

Penerjemah: A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013