Palangka Raya (Antara Bengkulu) - Wartawati sudah bisa berapartisipasi dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2013 di Banjarmasin untuk sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sekretaris Siwo PWI Kalteng Victor Giroth, Sabtu, menjelaskan bahwa rapat kerja nasional Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI se-Indonesia di Banten 24-25 April lalu telah memutuskan Wartawati bisa main dalam Porwanas 2013.

"Wartawati sudah bisa ikut kompetisi khusus untuk cabang olah raga yang tidak bersentuhan dengan pemain lain," katanya.

Di tahun-tahun sebelumnya, wartawati tidak diikut sertakan dalam setiap cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porwanas. Namun untuk Porwanas di Kota Banjarmasin tahun ini, wartawati diperkenankan bertanding khusus untuk cabang olah raga yang tidak bersentuhan dengan pemain lain.

Cabang olahraga tersebut antara lain bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, biliar, bridge dan catur. Semua untuk kategori pemain tunggal.

Selain memutuskan keikut sertaan wartawati dalam Porwanas tahun ini, Rakernas Siwo di Banten juga membuat ketegasan tentang formasi dan kriteria pemain. Tidak banyak yang berubah dalam hal ini, semua mengacu pada ketentuan Porwanas tahun-tahun sebelumnya.

Porwanas 2013 dipusatkan di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan pada 4 hingga 10 September 2013 mendatang.

Sebanyak 40 medali emas akan diperebutkan dalam Porwanas 2013. Masing-masing dua emas di cabang Atletik, tiga emas dicabang billiar, dua emas cabang Bridge, cabang bulu tangkis sembilan emas, bola volli satu emas, catur dua emas, futsal dua emas, sepak bola satu emas, tenis meja sembilan emas serta tenis lapangan memperebutkan sembilan emas.

Dipastikan Kalteng akan mengirimkan 95 atlet untuk ikut berkompetisi dalam sepuluh cabang atlet yang diperlombakan. Saat ini kontingen Kalteng sedang mempersiapkan perekrutan atlet melalui kompetisi Liga Media Kalteng serta penjaringan atlet handal melalui pelatihan-pelatihan daerah.

Pemain Kaltelteng sendiri sudah teregistrasi, baik dalam hal keanggotaan PWI, maupun kesiapan untuk mengikuti Pelatda yang akan dimulai bulan Juni mendatang.

Pewarta: Oleh Osten Siallagan

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013