Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di Perairan Bengkulu 12 jam ke depan rata-rata dua meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai tinggi 2,3 meter.

Gelombang laut dua meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu, kata analisis BMKg satsiun meteorologi fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, Sabtu.

Ia mengatakan, angin di perairan Bengkulu berpeluang bertiup dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan antara 03-16 knots dan angin di perairan

Enggano bertiup dari Tenggara hingga Barat laut dengan kecepatan antara 05-16 knots.

Sedangkan angin di perairan samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Selatan hingga Barat laut dengan kecepatan antara 05-16 knots, di wilayah itu juga berpeluang terjadi hujan ringan dengan kecepatan antara  05-16 knots.

Dari Citra satelit terlihat ada pertumbuhan awan dan hujan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, , Sumatera Selatan, Lampung, Selat Sunda dan Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Jawa Barat.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 05 - 27 kilometer perjam atau sekitar 03 - 15 knots.

Cuaca di wilayah Bengkulu sebaian besar berpeluang berawan antara lain di daerah Kabupaten mukomuo, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 65-96 persen.

Sedangkan di beberapa kabupaten lain diperkirakan terjadi turun hujan ringan antara lain di Bengkulu Utara Rejang Lebong dan kabupaten Lebong, suhu udaranya berkisar 19-29 derajat celcius dan kelembaban antara 73-98 persen, katanya. (Z005/F002)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012