Pangururan, Sumut (Antara Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Samosir,  akan membangun infrastruktur jalan, guna meningkatkan arus wisatawan yang berkunjung ke daerah yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu.

"Pemerintah daerah setempat segera memperbaiki ruas jalan lingkar dari Tuktuk Siadong hingga ke Simanindo dengan memperlebar badan jalan serta pengaspalan hotmix," kata Kabag Humas Pemkab Samosir, Franklin Sigalingging di Pangururan, Rabu.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan dalam rangka memperlancar sarana transportasi darat, sekaligus sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan arus wisatawan ke wilayah dimaksud.

Sebab, kata juru bicara Pemkab Samosir itu, Tuktuk Siadong merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun wisatawan manca negara.

Selain itu, perbaikan jalan menuju dermaga kapal di Desa Siallagan, juga akan menjadi skala prioritas untuk segera dikerjakan.

Di samping itu, lanjut dia, upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung, pihaknya menyosialisasikan berbagai objek wisata melalui brosur, spanduk serta mengadakan berbagai kegiatan atraksi budaya pada sejumlah lokasi wisata tertentu.

Memang, diakunya, selama ini secara bertahap, pihak pemerintah daerah tetap giat dalam membenahi sarana infrastruktur pada berbagai lokasi wisata, termasuk sarana jalan, karena infrastruktur yang memadai memegang peranan penting untuk mendongkrak jumlah wisatawan, baik domestik maupun asing.

Sebelumnya, Bupati Samosir, Mangindar Simbolon melakukan peninjauan di sepanjang jalan desa di Kecamatan Lottung, dan menyampaikan rencana pelebaran yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2013.

Menurut Mangindar, jika memungkinkan pada anggaran 2014 mendatang jalan tersebut akan diaspal serta pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tarukim telah diperintahkannya untuk berkoordinasi dengan  masyarakat tentang rencana pelebaran dimaksud.

Selain itu, kata dia, Kepala Desa juga diharapkan dapat melakukan pendekatan dengan masyarakat pemilik lahan, sehingga warga yang berdomisili di sekitar jalan lingkar itu memberikan dukungan penuh untuk pembangunan dengan membebaskan lahan yang terkena pelebaran jalan.

"Jika tidak ada kendala, pada tahun ini juga pelebaran jalan lingkar Tuktuk-Simanindo akan diperlebar dan dihotmix," sebut Mangindar. (antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013