Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyebutkan pembelian beras petani dari tiga wilayah itu pada tahun ini mencapai 3.000 ton.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, Muhammad Ade Saputra di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan beras petani yang mereka beli ini berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong. "Sampai dengan saat ini realisasi penyerapan beras petani dari tiga kabupaten ini sudah mencapai 3.000 ton, jumlah ini sudah melebihi dari target yang ditentukan tahun ini sebanyak 2.300 ton," katanya.

Dijelaskan, beras petani yang beli itu terbanyak berasal dari Kabupaten Lebong yang mencapai 1.750 ton, selebihnya dari Kabupaten Kepahiang 1.200 ton dan sisanya berasal dari Kabupaten Rejang Lebong.

Beras petani yang mereka beli ini kata dia, dibeli dengan harga pembelian pemerintah, untuk beras kualitas medium dibeli berkisar Rp8.030 per kg, dan kualitas premium seharga Rp8.600 sampai Rp8.900 per kg tergantung dari kualitas beras yang dihasilkan petani.

Ditambahkan dia, beras yang diserap dari kalangan petani dari tiga wilayah ini selanjutnya mereka gunakan untuk pemenuhan kebutuhan pasar dalam ketiga wilayah maupun program bantuan pangan non tunai (BPNT) yang saat ini dinamakan program sembako dan untuk bantuan pemerintah.

Selain itu beras yang dibeli dari petani ini kata Muhammad Ade Saputra, mereka jual untuk memenuhi kebutuhan umum karena terhitung sejak tahun ini Bulog mulai membuka pasar komersial termasuk penjualan secara daring (online).***1***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020