Gunjangan akibat gempa bumi tektonik berkuatan 4 dan 4,2 Skala Richter melanda wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Kamis pagi, sekitar pukul 09,08 WIB dan 09.17 WIB.

Gempa yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong ini sempat membuat panik warga Perumahan Griya Regency, Kelurahan Air Bang, Kecamatan Curup Tengah, Warga di kompleks ini merasakan getaran yang kuat hingga berhamburan keluar rumah.

"Guncangannya terasa dua kali, yang pertama tidak terlalu kuat dan yang kedua guncangannya cukup keras sehingga kami semua keluar rumah," kata Weny, salah satu warga Perumahan Griya Regency.

Sementara itu, informasi dari Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya menyebutkan gempa bumi ini pada pukul 09:14:58 WIB dan 09:17:55 WIB di wilayah Curup, Bengkulu dan sekitarnya.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi pertama berkekuatan M=3.3 dan gempabumi kedua M=4.2. episenter terletak pada koordinat 3.41 LS dan 102.55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km timur laut Rejang Lebong pada kedalaman 3 km.   

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," kata dia.    

Sementara itu, pantauan di Antara di lapangan pada pukul 09.51 WIB kembali terjadi gempa bumi susulan dengan kekuatan yang hampir sama.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020