Palembang (Antara Bengkulu) - Federasi Panjat Tebing Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mencari figur ketua yang peduli dengan prestasi olahraga pada Musyarawah Daerah IV di Palembang, 25-26 Mei 2013.

"Hadirnya sosok yang memiliki kepedulian luar biasa bagi kemajuan olahraga panjat tebing Sumsel sudah menjadi kebutuhan mendesak karena saat ini sejumlah atlet berprestasi telah bermunculan," kata Ketua Pelaksana Musyawarah Daerah IV Federasi Panjat Tebing Indonesis (FPTI) Sumsel Chandra Anugrah seusai pembukaan kegiatan itu di Palembang, Sabtu.

Ia mengemukakan, selain itu ketua terpilih hendaknya mampu menyerap berbagai aspirasi dari para anggota terutama pengurus di tingkat kabupaten/kota demi kemajuan FPTI dalam masa lima tahun ke depan.

"Musda ini tak hanya memilih ketua tapi juga membahas berbagai langkah strategis agar Sumsel bisa menjadi salah satu daerah yang disegani di tanah air," ujarnya.

Menurutnya, target itu bukan suatu yang muluk mengingat Sumsel memiliki arena olahraga bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring yang tetap terawat seusai digunakan pada perhelatan SEA Games XXVI tahun 2011.

Sebanyak lima unit tower panjat dinding berdiri kokoh di tengah-tengah arena olahraga lainnya seperti Stadion Atletik, Stadion Akuatik, dan Stadion Tenis Lapangan.

"Sumsel sudah tidak ada masalah dengan ketersediaan fasilitas karena memiliki arena terbaik di kawasan Asia Tenggara. Sangat sayang sekali jika tidak terlahir atlet-atlet kelas dunia di sini," ujarnya.

Prestasi panjat tebing Sumsel mulai menanjak dalam beberapa tahun terakhir setelah mulai membina sejak tahun 2004.

Dua atlet tercatat telah menunjukkan prestasi yakni M Hinayah dengan masuk Tim Nasional SEA Games lalu, dan Alimin Nurdin yang menjadi peringkat empat nasional.

Pewarta: Oleh Dolly Rosana

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013